Senin, 29/04/2024 12:05 WIB

Saudi-AS Teken Kesepakatan Senilai Rp219 Triliun

Arab Saudi dan perusahaan Amerika Serikat telah menandatangani 36 nota kesepahaman (MoU) senilai USD16 miliar atau sekitar Rp219 triliun.

Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (Foto: Reuters/Hamad I Mohammed)

Riyadh - Arab Saudi dan perusahaan Amerika Serikat telah menandatangani 36 nota kesepahaman (MoU) senilai USD16 miliar atau sekitar Rp219 triliun.

Menurut kantor berita resmi Saudi Perss Agency (SPA), penandatangan MoU tersebut bertepatan dengan kunjungan putra mahkota Saudi,Mohammed bin Salman

MoU ditandatangani dalam kerangka forum bisnis di New York dan para CEO perusahaan besar dari kedua negara dan beberapa pejabat Saudi ikut ambil bagian.

Memang, kunjungan Salman ke Amerika Serikat selain menggalang dukungan politik, juga untuk menarik minat perusahaan-perusahaan Amerika Serikat untuk lebih banyak lagi berinvestasi di Arab Saudi.

Lebih dari itu semua adalah untuk memperkuat hubungan kedua negara demi melawan ambisi rival berat negara yang dijuluki Petro Dollar tersebut di Timur Tengah, yakni Iran dengan membujuk Trump untuk tidak mempercayai Iran dengan program nuklirnya.

Sebelum bertandang ke negara yang dijuluki Paman Sam itu, ia terlebih dahulu mengunjungi Mesir. Ia tiba di negara tersebut pada Minggu (4/3). Tepat pada Rabu (7/3) ia kemudian berangkat ke Inggris.

KEYWORD :

Arab Saudi Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :