Senin, 29/04/2024 06:06 WIB

Ingin Tahu Hasil USG Kehamilan Kamu, Ini Caranya

Selain Kamu takjub dengan hasilnya, pastikan juga kamu menanyakan apa arti dari pemeriksaan USG tersebut.

Ilustrasi USG Kehamilan

Jakarta - Saat kamu dinyatakan positif hamil, momen paling dinanti adalah saat memeriksa janin ke dokter kandungan. Melalui pemeriksaan USG, kamu akan tahu bagaimana pertumbuhan dan perkembangan calon buah hati. Apakah kmu sudah tahu bagaimana cara membacaya?

Saat Kamu memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan, selain Kamu takjub dengan hasilnya, pastikan juga kamu menanyakan apa arti dari pemeriksaan USG tersebut.  Saat Kamu melihat hasil USG, yang Kamu lihat pasti hanya warna hitam, abu-abu, dan sedikit warna putih. Kemudian, kamu mulai menebak-nebak mana bagian-bagian tubuh dari bayi Sebenarnya, apa sih arti dari masing-masing warna tersebut?

Nah, saat Kamu membaca hasil USG, jangan hanya memerhatikan warnanya saja untuk menemukan di mana letak bayi dan sedang apa. Namun, perhatikan juga orientasi gambar. Dengan mengetahui orientasi gambar, Kamu dapat membaca hasil USG lebih baik.

Hal ini penting untuk melihat posisi kepala bayi, apakah kepala bayi sudah di bawah atau dalam posisi sungsang? Untuk melihat kepala bayi sedang menghadap ke kanan atau ke kiri, Kamu dapat mencari tulang belakang bayi.

Disarakan agar Kamu melakukan kontrol kehamilan secara rutin dengan dokter kandungan sebulan sekali. Dan saat melakukan kontrol, Kamu memiliki hak untuk bertanya sejelas-jelasnya kepada dokter yang memeriksa tentang kondisi janin termasuk hasil USG Kamu.

Warna abu-abu yang biasanya mendominasi area sekitar gambar USG adalah jaringan rahim Anda. Kemudian Kamu bisa melihat warna hitam di dalamnya, itu adalah cairan ketuban yang mengelilingi bayi. Dan, siapa yang ada di tengah yang dikelilingi oleh warna hitam pada gambar? Ya, itu adalah bayi Kamu. Warna abu-abu adalah jaringan dan warna putih adalah tulang.

Agar Kamu tidak penasaran, berikut ini ada beberapa istilah umum yang memang ada di dalam foto hasil USG, seperti yang dilansir dari laman Hello Sehat:

Gambar Bagian Kolom Atas:
 1.   LMP (last menstrual period): hari pertama haid terakhir
2.    EDD (LMP): taksiran persalinan berdasarkan tanggalan menstruasi
3.    GA (Gestational Age): hal ini menunjukkan perkiraan dari umum kehamilan, yang dilihat berdasarkan dari panjang tungkai lengan, tungkai kaki, atau bahkan diameter kepala. Jika salah stau dari GA yang berada di dalam foto USG ini menunjukkan besaran yang memang tidak normal, maka dokter bisa langsung mendeteksi sebagai kelainan. Terutama adanya GA di bagian kepala.

Bagian Kolom Fetal Biometry:
1. BPD: Biparietal Diameter. Ini merupakan bagian tulang pelipis bagian kanan serta bagian kiri. Bahkan juga bisa digunakan sebagai alat pengukur janin di trimester kedua juga ketiga.
2. HC: Head Circumferecial atau lingkaran kepala
3. AC: Abdomial Circumferecial. Ukuran lingkaran perut bayi. Jika AC dikombinasikan dengan BPD, maka akan menghasilkan perkiraan dari berat bada bayi atau jani ndalam kandungan.
4. FL: Femur Lenght. Merupakan ukuran panjang tulang di bagian paha bayi.
5. FW: Fetal Weight atau berat janin yang ada di dalam kandugan. (Teks: Ecka Pramita/Foto: Shutterstock)

KEYWORD :

Kehamilan Kesehatan Ibu Anak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :