Minggu, 05/05/2024 00:53 WIB

Mengintip Cara Unik Muslim Pakistan "Membuang" Al Quran Usang

Di Quetta, Pakistan, Muslim setempat punya kebiasaan unik membuang Al Quran yang sudah tak terpakai.

Terowongan tempat mengubur Al Quran di Pakistan (foto: BBC)

Jakarta – Membuang lembaran Al Quran yang sudah tua atau rusak sejauh ini tak menjadi perdebatan di Indonesia. Namun topik yang sama dimaknai sangat sensitif di Pakistan.

Di Quetta, Pakistan, Muslim setempat punya kebiasaan unik membuang Al Quran yang sudah tak terpakai. Mereka membangun terowongan khusus di bawah gunung, untuk menguburkan ribuan karung Al Quran supaya tak dibuang sembarangan, alih-alih dibakar.

Dilansir dari BBC, alasan Al Quran tersebut dikuburkan karena Muslim Pakistan memercayai bahwa tidak diperbolehkan membuang Al Quran, meskipun sudah rusak atau tua.

“Terowongan ini berada dua mil dari perumahan penduduk. Dan di sinilah (terowongan, Red) Al Quran itu dibawa. Setiap karung berisi delapan hingga sepuluh Al Quran,” tutur reporter BBC Secunder Kermani.

Sementara sang pemilik terowongan, Abdul Rashid Lehri menjelaskan, awalnya terowongan itu dibuat untuk memenuhi keinginan kakaknya, yang sangat mencintai Al Quran. Saudara Lehri kerap mengumpulkan Al Quran tua dan rusak yang sudah dibuang masyarakat, lalu disimpan di dalam mobilnya.

“Kemudian beberapa teman mulai membantunya, dan atas izin Tuhan terowongan ini berhasil dibangun,” kata Lehri.

Ternyata cara kakak Lehri disukai masyarakat Quetta. Beberapa waktu kemudian, masyarakat juga ikut mengubur Al Quran mereka yang telah usang di terowongan bernama Jabal Nur al Quran (Gunung Cahaya Al Quran) tersebut. Bahkan setiap hari selalu saja ada puluhan karung berisi Al Quran yang menunggu dikuburkan.

Menurut penjelasan pekerja terowongan, tak semua isi karung serta-merta dikuburkan. Sebelum meletakkan Al Quran usang ke sudut terowongan, para pekerja terlebih dahulu memilah isi karung.

Al Quran yang cuma rusak sedikit, kami akan perbaiki. Tapi kalau yang sudah hancur ya dikubur,” terangnya.

Setiap hari, pekerja yang ada di bawah terowongan ini tak cuma menyeleksi dan menguburkan Al Quran. Mereka juga harus menggali terowongan baru, supaya bisa menempatkan Al Quran usang lainnya di dalam terowongan.

KEYWORD :

Unik Al Quran Pakistan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :