Minggu, 05/05/2024 12:30 WIB

Dari Romario hingga Coutinho, Siapa yang Terbaik?

Berikut ini kiprah enam bintang Brasil yang pernah membela Barcelona sejak tahun 90-an.

Coutinho resmi pindah ke Barcelona (foto: Goal)

Jakarta - Pembelian Philippe Coutinho seharga 160 juta euro dari Liverpool, semakin menegaskan bahwa Barcelona tempat yang subur bagi bintang-bintang Brasil. Berdasarkan catatan sejarah, Coutinho menjadi bintang Brasil ke tujuh yang pernah merasakan magisnya rumput Stadion Camp Nou.

Dilansir dari Soccerway, berikut ini kiprah enam bintang Brasil yang pernah membela Barcelona sejak tahun 90-an.

1. Romario (1993-1995)

Meski hanya menghabiskan satu tahun setengah bersama Barcelona, Romario ternyata meninggalkan catatan apik. Dari 33 penampilan, dia sukses mencetak 30 gol, yang mengantarkan Barca meraih juara La Liga pada musim 1993-1994. Romario juga memperoleh penghargaan pemain terbaik FIFA hingga mencetak hatrick dalam laga El Clasico.

2. Ronaldo (1996-1997)

Sebelum nama Ronaldo merujuk pada pemain Portugal Cristiano Ronaldo, nama Ronaldo asal Brasil sudah terlebih dahulu tenar. Pernah memperkuat Barca selama semusim, Ronaldo yang digaji seharga 15,5 juta euro, mengantarkan tim itu menjuarai Copa del Rey, Piala Supercopa, dan Piala Raja Spanyol. Total, 41 gol dia bukukan dari 51 penampilan bersama Barca, sebelum akhirnya berpindah ke Real Madrid.

3. Rivaldo (1997-2002)

Pemain Barcelona ketiga yang memenangkan penghargaan individu FIFA ialah Rivaldo. Pemain yang terkenal dengan sepakan kaki kirinya ini sukses membawa pulang titel Ballon d`Or pada 1999. Dari 253 penampilan bersama Barcelona, Rivaldo mencatatkan 136 gol, dan membantu Barca memenangkan dua kali La Liga, Copa del Rey, dan UEFA Super Cup. Sayangnya, Rivaldo tak pernah merasakan final Liga Champions saat berseragam Barca.

4. Ronaldinho (2003-2008)

Siapa tak kenal Ronaldinho. Goyangan sambanya saat mengolah bola, membuat Brasil menjelma menjadi tim unik di Piala Dunia. Nah, selama berkostum Barcelona, Ronaldinho pernah mengoleksi gelar pemain terbaik FIFA sebanyak dua kali, penghargaan Ballon d`Or 2005, serta mengantarkan Barca meraih dua titel La Liga, dan Liga Champions.

5. Dani Alves (2008-2016)

Tampil memperkuat Paris Saint Germain (PSG) musim ini, Alves pernah berjasa menjaga pertahanan Barcelona. Selama di Nou Camp, bekas pemain Juventus itu membantu Barca memenangi enam kali gelar La Liga, empat kali Copa del Rey dan Supercopa de Espana, tiga kali Liga Champions, UEFA Super Cup, dan Piala Dunia Antarklub.

6. Neymar (2013-2017)

Neymar mengikuti jejak kompatriotnya ke PSG musim ini dengan banderol pemain termahal sedunia. Saat membela Barcelona, Neymar mencetak 105 gol dari 186 penampilan. Dia juga membantu Barca memenangkan Liga Champions, dua kali gelar La Liga, tiga kali Copa del Rey, Duercopa de Espana, dan Piala Dunia Antarklub.

 

Jadi, apakah Countiho mampu mengikut jejak-jejak seniornya ini? Patut ditunggu.

KEYWORD :

Liga Spanyol Barcelona Coutinho Neymar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :