Minggu, 28/04/2024 11:05 WIB

Buffon Siap Bermain Sampai Usia 80 Tahun

Bukan main loyalitas Gianluigi Buffon kepada Juventus dan Italia.

Gianluigi Buffon (foto: Instagram)

Jakarta - Bukan main loyalitas Gianluigi Buffon kepada Juventus dan Italia. Baru-baru ini dia menyatakan siap menjadi kiper hingga usia 80 tahun.

Tentu Buffon tidak benar-benar akan bermain hingga usia tersebut. Dia hanya ingin menunjukkan, kendati akan pensiun dalam beberapa tahun ke depan, dia akan tetap siap bila masih dibutuhkan oleh tim.

"Saya tidak tahu bagaimana menjawab pertanyaan soal pensiun. Apakah saya akan berhenti atau tidak?" ujarnya kepada Der Spiegel.

"Saya merasa seperti seorang tentara, yang tetap melayani klub dan negara. Gambaran besarnya selalu lebih penting bagi saya, daripada saya sendirii. Begitulah saya melihat pekerjaan ini," sambungnya.

"saya mungkin pensiun, tapi akan tetap tersedia untuk Juventus dan Italia. Bahkan di usia 80, jika tiba-tiba tidak ada kiper berada di sana, saya akan berlatih sebentar dan kemudian masuk," jelas kiper 39 tahun itu.

Satu penyesalan Buffon ialah kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018, setelah takluk dari Swedia di babak kualifikasi playoff bulan lalu. Ini merupakan kegagalan pertama Gli Azzurri sejak 1958 silam.

"Saya menyesal Italia melewatkan Piala Dunia selama sisa hidup saya," katanya.

KEYWORD :

Serie A Juventus Buffon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :