Senin, 06/05/2024 03:19 WIB

La Liga Perkenalkan Teknologi VAR Musim Depan

La Liga bukan kompetisi lokal pertama yang menggunakan VAR. Bundesliga dan Serie A sudah terlebih dahulu mencobanya musim ini.

Penggunaan teknologi VAR di dalam pertandingan sepak bola (foto; Google)

Madrid – Penggunaan video asisten wasit (Video Assistance Referee) atau disingkat VAR, akan mulai diperkenalkan di La Liga musim depan. Teknologi tersebut dimaksudkan untuk membantu wasit agar tidak membuat keputusan yang kontroversial, di antaranya gol offside hingga pelanggaran keras.

“Ketua asosiasi wasit Victoriano Sanchez Arminio telah menginformasi kepada para wasit dan asisten wasit di divisi premiera, bahwa musim depan VAR akan digunakan dalam kejuaran nasional,” demikian pernyataan Presiden La Liga Javier Tebas, dikutip dari Soccerway.

“Dia (Arminio, Red) telah mengumumkan bahwa percobaan itu adalah permintaan dari International Football Association Board (IFAB), agar membawa VAR dalam waktu dekat,” jelasnya.

La Liga bukan kompetisi lokal pertama yang menggunakan VAR. Bundesliga dan Serie A sudah terlebih dahulu mencobanya musim ini, meski di samping itu juga menimbulkan beberapa keberatan dari para pemain.

Seperti yang diungkapkan oleh pemain tim nasional Jerman, Wagner beberapa waktu lalu. Dia mengatakan pemecatan Kepala VAR Bundesliga Hellmut Krug dinilai telah mengikis kepercayaan publik terhadap VAR. Krug dipecat lantaran mempengaruhi keputusan penalti untuk kemenangan Schalke atas Vfl Wolfsburg.

“Pada dasarnya teknologi ini bagus, tapi praktiknya malah menimbulkan bencana,” terang Wagner.

KEYWORD :

Liga Spanyol VAR Wasit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :