Jum'at, 03/05/2024 02:34 WIB

Kebanyakan Duduk, Ini Risiko Buat Tubuh Anda

Jika duduk lebih dari 8 jam sehari, maka berdampak buruk dari beragam penyakit.

Ilustrasi duduk sambil bekerja

Jakarta - Bagi orang yang kerja kantoran atau kebanyakan berada di belakang meja, kadang lupa diri bahwa Anda haruslah sesekali berdiri atau relaksasi. Karena  kalau kebanyakan duduk, maka dihantui sakit jantung.

Inilah yang dikabarkan oleh kalangan peneliti. Bukan cuma duduk karena kerjaan, tapi asyik menonton televisi, depan komputer, atau ngobrol di tempat kopi. Jika diabaikan, penelitian menyebutkan, 24 persen orang terlalu lama duduk makan berisiko kematian akibat serangan jantung dalam rentang waktu 1 hingga 16 tahun.

Penelitian yang termuat di jurnal internasional itu menyebutkan, jika duduk lebih dari 8 jam sehari, maka berdampak buruk dari beragam penyakit. Misalnya, serangan jantung 18 persen dan 17 persen rentan risiko kanker. Kemudian bagi Anda penderita diabetes, sebesar 91 persen akan semakin meningkat.

Kelihatannya duduk itu menyenangkan, tapi dari penelitian ini pasti cukup menyeramkan. Maka disarankan, bila Anda merasa terlalu lama duduk, berdirilah. Dan jika Anda kurang berolahraga, maka tinggalkan tempat duduk dan bergeraklah untuk kesehatan tubuh.


KEYWORD :

Penelitian Dampak Duduk Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :