Minggu, 05/05/2024 01:46 WIB

Sesmenpora Terima CDMA Change d Affaires, Bahas MoU

Pihak Azerbaijan melalui saluran diplomatik akan mengkonfirmasikan penyelesaian prosedur internal masing-masing yang dipersyaratkan untuk mulai berlakunya MoU tersebut.

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto saat menyerahkan cenderamata kepada CDMA Change d`Affaires Mr, Ruslan Nasibov

Jakarta - Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menerima kunjungan CDMA Change d`Affaires Mr, Ruslan Nasibov mewakili Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia, Tamerlan Karayev di Lantai 3, Kemenpora, Jakarta, Senin (10/7) siang. Kedatangan Mr, Ruslan Nasibov untuk membahas dua hal yakni, pertama Azerbaijan mengundang negara yang tergabung dalam Islamic Solidarity Games (ISG) Agustus mendatang untuk menghadiri festival kebudayaan untuk para pemuda. Kedua, adalah pembaharuan MoU yang terakhir dilakukan  pada tahun 2015.  

Kerjasama ini berawal dari  inisiatif pemerintah Azerbaijan yang disampaikan melalui nota diplomatik pada tanggal 5 Oktober 2012 dan dilanjutkan dengan pertemuan antara Menpora pada saat itu, Andi Mallarangeng menerima Duta Besar untuk Indonesia,Tamerlan Karayev, di kantor Kemenpora, Jakarta. Semula dokumen kerja sama RI Azerbaijan ini direncanakan akan ditandatangani pada kesempatan kunjungan Presiden Azerbaijan ke Indonesia pada bulan November 2012, namun kunjungan tersebut ditunda.

“Proses pekerjaan MoU antara kedua negara terakhir pada bulan Agustus 2015. Rupanya pihak Azerbaijan menyampaikan ada masalah yang belum selesai dan mereka meminta segera diselesaikan. Hal yang belum diselesaikan menurut pihak Azerbaijan adalah tanggal berlakunya Mou, karena di Azerbaijan tanggal berlaku sebuah Mou harus dikoordinasikan dengan Kemlu Azerbaijan. Kalau di negara Indonesia sejak di tandatangani sudah berlaku. Kami ingin pembaharuan MoU ini dilaksanakan secepatnya karena itu, kami harus saling koordinasi terlebih dahulu dengan Kemlu terkait,” ucap Gatot.

Pihak Azerbaijan melalui saluran diplomatik akan mengkonfirmasikan penyelesaian prosedur internal masing-masing yang dipersyaratkan untuk mulai berlakunya MoU tersebut. “Selain itu, di dalam pembaharuan MoU tersebut dimasukkan kerja sama di bidang kewirausahaan pemuda,” tutup Gatot.

KEYWORD :

info pemuda dan olahraga Sesmenpora




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :