Kamis, 25/04/2024 08:07 WIB

Gelar Workshop Literasi Digital, Sesmenpora Harap Kecanggihan Digital Bisa Tangkal Informasi Hoak

Sesmenpora, Gatot S

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI) menggelar Workshop Literasi Digital dengan tema  "Literasi Digital di Era Disrupsi 4.0" di Wisma Menpora Senayan Jakarta Pusat, Kamis (5/3).

Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto usai membuka Workshop Literasi Digital itu mengatakan bahwa literasi digital sangat penting dalam menangkal dan mengantisipasi maraknya informasi di media sosial yang seringkali belum jelas kebenarannya.

"Esensi teknologi itu memudahkan, tapi sisi negatif juga perlu diantisipasi," katanya.

Masih kata Gatot, workshop ini juga sangat penting, dimana disebutkan salah satu indikator keberhasilan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2020-2024 adalah budaya literasi.

Menurut Sesmenpora kegiatan kali ini sangat positif dan memang sangat diperlukan bagi seluruh aparatur khususnya di lingkungan Kemenpora yang banyak berinteraksi dengan anak muda.

Tanggung jawab dalam melayani stakeholder pemuda dan olahraga sudah menjadi keharusan menguasai tentang literasi digital ini.

"Silakan ikuti workshop ini, pasti banyak manfaatnya, mengurus anak muda millineal harus menguasai era digital," kata Sesmenpora.

Hal lain yang berkaitan adalah suatu keadaan tidak selamanya mapan dan stabil, perubahan akan selalu terjadi. Oleh karenanya antisipasi terhadap hal tersebut harus selalu disiapkan dengan berbagai langkah-langkah proaktif dan penyesuaian.

"Jangan pernah merasa tenang pada kemapanan, selalu ada perubahan. Disrupsi atau perubahan fundamental 4.0 harus cepat diantisipasi dan penyesuaian, karena akan berubah cepat 5.0 dan seterusnya," tambahnya.

Workshop ini diikuti para pejabat Kemenpora dengan menghadirkan narasumber yang mumpuni dibidangnya, yaitu Rory Asyari Presenter Metro TV dan Influencer, Aris Kurniawan Kominfo, dan Presidium Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), Anisa Wahid.

KEYWORD :

Sesmenpora Literasi Digital




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :