Senin, 29/04/2024 09:43 WIB

Warta MPR

Gelar Aksi Kemanusiaan, Setjen MPR Kumpulkan 93 Kantong Darah

Selain memfasilitasi pelayanan kesehatan bagi pegawai, juga sebagai aksi kemanusiaan bagi siapapun yang membutuhkan donor darah.

Sekjen MPR Ma`ruf Cahyono melakukan donor darah, Rabu (19/7) di Komplek DPR/MPR, Senayan, Jakarta

Jakarta – Sebanyak 93 pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (Setjen MPR) melakukan donor darah di Plaza Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, pada Rabu (19/7) kemarin.

Kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Poliklinik MPR itu selain memfasilitasi pelayanan kesehatan bagi pegawai, juga sebagai aksi kemanusiaan bagi siapapun yang membutuhkan donor darah.

 “Darah yang terkumpul akan dimanfaatkan oleh siapapun yang membutuhkan,” kata Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono kepada awak media.

Ma’ruf menegaskan kegiatan ini selanjutnya diupayakan digelar lebih dari satu kali dalam setahu, serta dapat menjaring lebih banyak pegawai sebagai pendonor. Karena hal itu menunjukan bahwa pegawai tidak hanya sebagai abdi negara, aparatus sipil negara, yang hanya bekerja pada bidang tugasnya, namun juga orang yang peduli pada masalah sosial dan kemanusiaan.

Ma’ruf Cahyono juga mendorong supaya kegiatan donor darah tetap berkelanjutan, tidak boleh berhenti. Apalagi kali ini meski tidak ada kewajiban bagi para pegawai, ternyata faktanya banyak pegawai yang turut berpartisipasi.

“Artinya kesadaran sosial dan kemanusiaan pegawai MPR tinggi,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sudah terprogram dari Setjen MPR dalam rangka berpartisipasi dalam misi sosial dan kemanusiaan.

Sementara menurut dr. Endang, kegiatan donor darah itu diikuti oleh 141 peserta namun setelah dicek kesehatannya, yang bisa mendonorkan darah sebanyak 93 orang. Mereka yang bisa mendonorkan darahnya bila mempunyai kriteria Hb normal, tensi normal.

“Dan perempuan yang tidak haid,” ujarnya. Dari donor darah itu terhimpun 93 kantong. Satu kantong berisi 330 cc darah.

KEYWORD :

Warta MPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :