Minggu, 28/04/2024 05:46 WIB

Turki Kirim 5000 Ton Bahan Pangan Tembus Blokade Qatar

Nihat Zeybekci, Menteri Perekonomian Turki, mengatakan bahwa Turki mengirim 5000 ton bahan pangan ke Qatar menembus blokade.

Pasokan bahan pangan dari Turki

Istambul - Nihat Zeybekci, Menteri Perekonomian Turki, mengatakan bahwa Turki mengirim 5000 ton bahan pangan ke Qatar menembus blokade. Bahan pangan tersebut dikirim melalui 71 pesawat.

Qatar mengalami cukup krisis setelah mendapat blokade perjalanan udara, laut dan perbatasan darat dari Saudi Arabia dan sekutunya. Negara tersebut juga memutus hubungan diplomatik.

Namun, Nihat Zeybekci mengatakan pada Sabtu (17/6) bahwa Turki tengah memasok bahan pangan ke Qatar dalam jumlah besar. Pasokan tersebut, tambah Nihat, merpakan bantuan bagi Qatar untuk menghadapi blokade yang dilakukan oleh Saudi Arabia dan sekutunya.

"Pengiriman kami melalui jalur laut juga akan dimulai akhir pekan ini. Sekarang truk kita sedang dalam perjalanan," kata Zeybekci di sebuah program TV di Istanbul dilansir dari xinhua.

Nihat menambahkan bahwa Turki juga akan memasok semua kebutuhan kemanusiaan untuk Qatar.

Turki menyatakan tetap berpihak pada Qatar dan mendorong penyelesaian melalui dialog. Hal tersebut juga diserukan oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, pada Sabtu (17/6) untuk menyelesaikan perselisihan sebelum bulan suci Ramadhan berakhir.

Erdogan menyebut Arab Saudi sebagai "saudara besar" negara-negara Teluk, dengan mengatakan bahwa dia yakin Riyadh mampu menyelesaikan masalah ini. Erdogan optimis, dengan menteri luar negeri TUrki yang bekerja keras untuk menyelesaikan krisis dengan bertemu dengan semua pihak yang terlibat.[]

KEYWORD :

blokade qatar Nihat Zeybekci turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :