Senin, 29/04/2024 03:06 WIB

INTERNASIONAL

Ratusan Orang Marah, Tuntut Keadilan Korban Kebakaran Grenfell Tower

Ratusan orang melakukan protes berjalan menuju balaikota Kensington. Mereka menuntut keadilan bagi korban kebakaran yang melanda Grenfell Tower dua hari lalu.

Protes tuntut keadilan korban Grenfell

Kensington - Ratusan orang melakukan protes berjalan menuju balaikota Kensington. Mereka menuntut keadilan bagi korban kebakaran yang melanda Grenfell Tower dua hari lalu.

Kebakaran yang dikonfirmasi menewaskan 30 orang tersebut membawa duka banyak keluarga di Kensington. Keluarga dari korban mendapat banyak simpat idari komunitas-komunias independen yang membagikan bantuan.

Unjukrasa yang berlangsung pada Jumat (16/6) meminta dewan turun ke lapangan merespon dan berkoordinasi untuk mengambil kendali. Sebelumnya, dewan lokal Eartha Pond, yang mewakili Queens Park Community, mengatakan bahwa masyarakat setempat "marah" setelah peristiwa bencana tersebut.

Pond memperingatkan bahwa jika dewan tidak ikut merespon situasi, bisa dimungkinkan terjadi "kerusuhan jalanan". Menurut wanita 33 tahun itu, harus ada respon yang terkoordinasi dari para pengambil keputusan.

"Segalanya telah dikerjakan oleh komunitas, tidak ada orang yang berwenang yang bertanggungjawab. Adanya semua sumbangan ini, yang luar baisa, tapi dewan tersebut tidak mendistribusikannya dan kami sangat membutuhkan tempat untuk menyimpannya," kata Pond, dilansir dari daylistar.

Dia khawatir kerusuhan bisa terjadi akiabt tidak tersalurkannya bantuan dengan benar. Menruutnya, orang tidak tahu apa yang terjadi. Itulah yang membuat frustasi, tambah Pond, dewan harus bertanggungjawab.

"Keluarga tidak tahu siapa di rumah sakit atau siapa yang hilang. Perlu ada informasi lebih lanjut, seperti proyektor besar dengan nama-nama yang sudah ditemukan sehingga orang tahu apa yang terjadi," tambahnya.

Dikabarkan, akan ada longmarch besar di Westminster malam ini untuk mendukung korban Grenfell. Menurut media lokal, ada lebih dari 1800 peserta longmarch ikut menghadiri demonstrasi di Westminster untuk menuntut keadilan bagi para korban Grenfell.

"Orang-orang begitu marah dan frustasi, tidak ada yang berasal dari dewan yang berada di sini. Ini adalah tanggapan yang mengerikan. Jika dewan tidak muncul, akan ada kerusuhan di jalanan. Ini serius," kata Pond.[]

KEYWORD :

grenfell tower korban kebakaran kensington




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :