Senin, 29/04/2024 03:52 WIB

INTERNASIONAL

Qatar Sepakat Beli 36 Jet F-15 dari AS

Pada Rabu (14/6), Kementerian Pertahanan Qatar mengumumkan penandatanganan kesepakatan pembelian jet tempur F-15 dari AS senilai 12 miliar dollar.

Jet tempur F-15 Eagle

Washington - Kesepakatan antara Qatar dengan AS tersebut telah tercapai, meski negara teluk itu dikritik oleh Donald Trump sebagai pendukung teroris. Pada Rabu (14/6), Kementerian Pertahanan Qatar mengumumkan penandatanganan kesepakatan pembelian jet tempur F-15 dari AS senilai 12 miliar dollar.

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis dan perwakilan dari Qatar telah dijadwalkan bertemu pada Rabu untuk mengesahkan kesepakatan tersebut. Sementara Blommberg melaporkan kesepakatan tersebut adalah pembelian jet tempur F-15 sebanyak 36. Demikian dilansir dari antara.

"Kesepakatan bisnis antara AS dan Qatar tersebut dinilai akan meningkatkan kerjasama keamanan antara AS dan Qatar," demikian tulis Pentagon melalui emailnya pada Rabu (14/6), mengutip Reuters.

Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis dan Menteri Urusan Pertahanan Qatar, Khalid al-Attiyah, juga membahas kondisi terkini dalam operasi melawan ISIS dan pentingnya penurunan ketegangan, sehingga semua mitra di wilayah teluk dapat fokus pada langkah mencapai tujuan bersama.

Trump pada Jumat pekan lalu, bersama dengan Arab Saudi, menuduh Qatar sebagai pendukung terorisme "tingkat tinggi", yang berpotensi menghambat AS mengurangi ketegangan dan pengucilan negara teluk itu oleh negara-negara Arab dan lainnya. Trump juga mendukung Arab Saudi untuk melakukan blokade Qatar.[]

KEYWORD :

blokade qatar jet tempur F-15 AS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :