Jum'at, 26/04/2024 01:52 WIB

Paris Larang Plastik Sekali Pakai di Olimpiade 2024

Pengunjung situs kompetisi Olimpiade sementara di ibu kota Prancis hanya akan diterima tanpa botol plastik.

Ilustrasi perempuan minum air mineral dengan botol plastik.(Foto : Istimewa)

JAKARTA, Jurnas.com - Walikota Paris, Anne Hidalgo mengatakan berencana untuk melarang plastik sekali pakai selama Olimpiade Paris 2024 sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi krisis polusi plastik global.

"Kami telah memutuskan untuk menjadikan Olimpiade sebagai acara besar pertama tanpa plastik sekali pakai," kata Hidalgo dalam konferensi pers di sesi Forum Walikota Internasional Melawan Polusi Plastik pada Jumat (26/5).

Pengunjung situs kompetisi Olimpiade sementara di ibu kota Prancis hanya akan diterima tanpa botol plastik.

Coca-Cola, raksasa minuman Amerika dan sponsor yang ditunjuk untuk Olimpiade Paris, akan mendistribusikan produknya dalam botol kaca yang dapat digunakan kembali dan lebih dari 200 air mancur soda, yang akan digunakan kembali setelah pertandingan.

Gelas yang dapat digunakan kembali juga akan digunakan untuk penyegaran selama maraton Olimpiade.

"(Sampah) plastik tetap menjadi masalah global utama: Setiap tahun, 14.000 mamalia dan 1,4 juta burung laut terbunuh karena menelan sampah plastik," kata kantor Hidalgo dalam pernyataan yang mengumumkan larangan plastik sekali pakai Olimpiade.

Penyelenggara Olimpiade Paris mengatakan mereka ingin mengurangi separuh jejak karbon dibandingkan dengan Olimpiade Musim Panas sebelumnya di Rio pada 2016 dan London pada 2012. Olimpiade Tokyo tahun lalu berlangsung secara tertutup karena pandemi COVID-19.

Program Lingkungan PBB mengeluarkan laporan pada 16 Mei yang mengatakan negara-negara dapat mengurangi polusi plastik hingga 80 persen pada tahun 2040 dengan menggunakan teknologi yang ada dan membuat perubahan kebijakan besar.

UNEP merilis analisisnya tentang opsi kebijakan untuk mengatasi krisis dua minggu sebelum negara-negara bertemu di Paris untuk meluncurkan negosiasi putaran kedua untuk menyusun perjanjian global yang bertujuan menghilangkan limbah plastik.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Plastik Sekali Pakai Anne Hidalgo Olimpiade Paris 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :