Minggu, 05/05/2024 09:14 WIB

KPOP

Penyanyi Korea Ini Dilarang Masuk Negaranya

Sebelumnya penyanyi ini adalah salah satu selebriti top Korea pada akhir 90 dan awal 2000an namun karena tindakannya menghindari wajib militer, ia akhirnya diusir dan dilarang masuk negaranya

Yoo Seung Jun (Foto: Koreaboo)

Jakarta - Sebelumnya penyanyi ini adalah penyanyi top Korea pada akhir 90 dan awal 2000an, namun karena tindakannya menghindari wajib militer, ia akhirnya harus merasakan konsekuensi diusir serta dilarang masuk ke negaranya.

Koreaboo melansir, Yoo Seung Jun adalah salah satu artis solo kenamaan Korea. Dia juga menjadi artis pertama yang berani menghindari wajib militer (pada tahun 2000) dengan melepaskan kewarganegaraan Korea dan mengakuisisi kewarganegaraan Amerika.

Cara ini berhasil membuatnya terlepas dari tanggung jawab untuk mengikuti wajib militer, namun di saat yang bersamaan, ia juga dibuang serta dilarang memasuki negara tersebut.

Setelah diusir dari negaranya itu, dia menandatangani kontrak bersama agensi akting Jackie Chan dan menjalani karir sebagai aktor di China. Semenjak itu penyanyi itu sudah beberapa kali mengajukan permohonan agar diperbolehkan kembali ke negaranya, namun semua permintaan itu ditolak.

Pada 2013 lalu, sempat beredar rumor yang menyatakan bahwa larangan terhadap Yoo Seung Jun telah dihentikan, namun pihak militer segera membantah isu itu dan menegaskan bahwa pelarangan itu masih berlaku.

Dua tahun kemudian tepatnya pada 2015, ia melakukan siaran live, yang menunjukkan penyanyi itu menangis dan memohon maaf serta berjanji bahwa dirinya akan memenuhi tugasnya untuk mendaftar di militer, jika ia dapat memperoleh kembali kewarganegaraan di Korea Selatan.

Namun ternyata setelah menyelesaikan siaran itu, tanpa ia sadari meski tampilan video telah berakhir, suara penyanyi itu masih dapat didengar oleh para penontonnya, disaat itulah orang-orang mendengarnya berkata kasar.

Insiden itu membuatnya kembali kehilangan kesempatan untuk memulihkan kewarganegaraannya. Meski sempat beberapa kali mengajukan tuntutan hukum ke Pengadilan Tinggi Seoul, tuntutan-tuntutan Yoo Seung Jun itu menghadapi hasil yang sama, yakni ditolak.

KEYWORD :

Kpop Yoo Seung Jun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :