Sabtu, 27/04/2024 22:04 WIB

INTERNASIONAL

Jerman Desak Iran Tak Perkeruh Situasi di Teluk

Schaefer mengatakan negara-negara Teluk percaya bahwa Iran memainkan peran di balik layar perseteruan di wilayah Teluk

Gedung Reichstag pemerintah Jerman di Berlin (Foto: AFP)

Berlin - Juru bicara pemerintah Jerman, Martin Schaefer pada Jumat (9/5) mendesak Iran untuk menghindari tindakan yang dapat memperburuk ketegangan di negara Teluk setelah Arab Saudi memutuskan hubungan dengan Qatar.

Schaefer mengatakan negara-negara Teluk percaya bahwa Iran memainkan peran di balik layar perseteruan di wilayah Teluk, namun Teheran sebaik tidak melakukan apapun untuk meningkatkan ketegangan.

"Bagaimanapun juga, penting bahwa tidak ada yang dilakukan di sisi lain Teluk, kecuali hanya akan  memperkeruh setuasi. Itu satu-satunya yang  dapat terjadi di wilayah tersebut, "kata Schaefer pada sebuah konferensi pers pemerintah reguler.

Schaefer mengatakan, Jerman akan melakukan semua yang bisa untuk mempromosikan dimulainya kembali dialog untuk menyelesaikan krisis tersebut, namun tidak berniat menjadi mediator kunci meskipun pertemuan dalam beberapa hari terakhir antara Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel dan rekan-rekannya dari Arab Saudi dan Qatar.

"Kita semua harus sepakat, dengan kata-kata dan tindakan, bahwa sebenarnya, dukungan dan pendanaan untuk terorisme tidak bisa menjadi alat kebijakan pemerintah manapun," katanya

KEYWORD :

Jerman Iran Negara Teluk




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :