Jum'at, 03/05/2024 15:15 WIB

Bom di Indonsia Atas Kendali Pimpinan ISIS di Suriah

Teror bom yang terjadi di Indonesia disebut atas kendali pimpinan ISIS dari Suriah.

Kelompok ISIS

Jakarta - Teror bom yang terjadi di Indonesia disebut atas kendali pimpinan ISIS dari Suriah. Termasuk, ledakan bom yang baru terjadi di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5).

Demikian disampaikan Pengamat Intelijen Wawan Purwanto, kepada Jurnas.com, Jakarta, Jumat (26/5). Menurutnya, bom Kampung Melayu rangkain teror yang terjadi di Inggris dan Fliphina.

"Ini kan bersama dengan serangan teror di beberapa negara (Inggris dan Filiphina) dengan perintah pimpinan ISIS di Suriah," kata Wawan.

Kata Wawan, belakangan sejumlah warga negara Indonesia menjadi simpatisan ISIS. Dimana, warga Indonesia banyak terpengaruh dengan ajakan yang beredar melalui media sosial.

"Sehingga kita memang sudah menyadari itu sudah menjadi ancaman. Karena kita ini banyak simpatisan dan ajak-ajakan melalui media sosial, ini memicu banyaknya warga kita yang ikut dan terpengaruh ISIS," terangnya.

Sebetulnya, kata Wawan, jaringan tersebut telah terdeteksi oleh intelijen, namun terkendala dengan alat bukti yang kuat untuk melakukan tindakan secara represif.

"Jaringan ini sebetulnya sudah tercek, hanya persoalannya terkendala bukti permulaan yang cukup. Kalau diapa-apain nanti dibilang pelanggaran HAM, kondisi ini yang membuat kita semua menjadi gamang," tegasnya.

KEYWORD :

Teror Bom Bom Kampung Melayu Intelijen ISIS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :