Minggu, 28/04/2024 00:44 WIB

Internasional

Babak Baru Perdagangan China-AS

China, akhirnya mencabut larangan impor daging sapi dan menerima pengiriman gas alam asal AS.

Donald Trump dan Xi Jinping

Washington – Sebuah kesepakatan baru diteken oleh Amerika Serikat dan China di bidang perdagangan. China, akhirnya mencabut larangan impor daging sapi dan menerima pengiriman gas alam asal AS. Sedangkan AS, kini membebaskan ayam masak dan bank-bank China memasuki pasar-pasar AS.

Sekretaris Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan kesepakatan ini merupakan hasil penjajakan perundingan perdagangan yang dikaji sejak satu bulan lalu. Pendekatan soft yang ditekankan oleh Presiden Donald Trump terhadap Xi Jinping juga memegang peranan penting.

“Meski awalnya Trump mengancam China dengan sebutan ‘tukang tipu mata uang’ dan memberlakukan tarif perdagangan khusus, namun ia kembali melunak,” ujar Wilbur dikutip BBC, Jumat (12/5).

Kekhawatiran atas perkembangan nuklir Korea Utara, menurut Wilbur juga menjadi pertimbangan Trump menjalin hubungan dekat dengan China. Supaya Beijing bisa menekan Kim Jong-un nantinya.

Sedangkan Wakil Menteri Keuangan China Zhu Guangyao menepis kemungkinan kaitan kerjasama ekonomi tersebut dengan politik di Semenanjung Korea.

“Aku harus katakan bahwa tim ekonomi kami memusatkan segala upaya pada masalah ekonomi,” terang Zhu.

KEYWORD :

China Amerika Serikat Perdagangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :