Senin, 29/04/2024 07:51 WIB

Cules, Kenal Patrick O`Connell?

Patrick O’Connell. Seorang pesepakbola asal Irlandia kelahiran 8 Maret 1887.

Jakarta – Nama Messi, Suarez, Neymar, Cryuff sudah familiar di telinga fans Barcelona. Trio MSN tak disangkal dengan ketajamannya, dan Cryuff sebagai bapak Total Footbal bagi tim yang bermarkas di negeri Catalan tersebut.

Namun, di balik empat nama besar itu ada satu orang hebat yang berjasa menyelamatkan Barcelona hingga memiliki nama besar seperti saat ini. Patrick O’Connell. Seorang pesepakbola asal Irlandia kelahiran 8 Maret 1887.

Barcelona nyaris hilang dari peradaban pada 1937 silam, akibat perang saudara yang terjadi di Spanyol. La Liga pun sempat dihentikan selama 1936-1937. O’Connell saat itu sedang duduk di kursi pelatih El Barca. Dengan tangan dinginnya, ia berhasil menyelamatkan krisis keuangan Barcelona yang berada di titik nadir.

Delapan puluh tahun kemudian, pada 12 Mei besok O’Connell akan mendapatkan pengakuan dari publik Catalan. Dikutip dari BBC, sebuah patung dan plakat resmi akan didirikan di Albert Street, Belfast tempat di mana O’Connell pertama kali memulai karir profesionalnya.

KEYWORD :

Liga Spanyol Barcelona Patrick O Connell




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :