Kamis, 02/05/2024 04:13 WIB

Internasional

Macron Sempat Sindir Pemilih Le Pen

Tidak perlu bersorak. Karena mereka telah menyampaikan aspirasi mereka. Juga harus mengakui kekalahan pada hari ini. Aku menghargai itu, lanjut Macron.

Emmanuel Macron

Paris – Ada hal yang menarik dari pidato kemenangan yang diucapkan oleh Emmanuel Macron, Senin (8/5) dini hari. Usai dipastikan memenangi pemilihan presiden Prancis dengan perolehan 66,1 persen suara, Macron sempat menyindir pendukung Marine Le Pen.

Macron menyampaikan rasa terima kasih kepada pendukungnya, yang telah mempercayakan amanah memimpin Prancis selama lima tahun ke depan. Nah, dalam lima tahun ke depan pula, ia mengatakan harus meyakinkan pemilih Le Pen agar tidak memilih pemimpin ekstrim di kemudian hari.

“Aku akan menyampaikan sesuatu bagi mereka yang memilih Le Pen,” kata Macron. Suara sorakan nada tidak suka dari pendukungnya, hadir mengiringi pernyataan Macron.

“Tidak perlu bersorak. Karena mereka telah menyampaikan aspirasi mereka. Juga harus mengakui kekalahan pada hari ini. Aku menghargai itu,” lanjut Macron.

“Dan tugasku selama lima tahun ke depan adalah meyakinkan mereka agar tidak punya alasan lagi untuk memilih pemimpin ekstrim,” katanya. Kali ini pendukung bersorak kegirangan.

Pilpres Prancis berjalan hingga dua putaran. Pada putaran kedua, Macron berhadapan dengan Le Pen yang bercita-cita memisahkan Prancis dari Uni Eropa. Mengikuti jejak Britania dengan Brexit-nya.

KEYWORD :

Prancis Emmanuel Macron Marine Le Pen




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :