Jum'at, 26/04/2024 18:49 WIB

Kinerja Ganjar Tak Istimewa, Ini Strategi Penantang

Meski memiliki elektabilitas yang tinggi, Kinerja Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dinilai tidak begitu istimewa.

Ganjar Pranowo

Jakarta - Meski memiliki elektabilitas yang tinggi, Kinerja Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dinilai tidak begitu istimewa.

Begitu kata pengamat politik dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Andre Rahmanto, kepada wartawan, Jakarta, Kamis (4/5). Menurutnya, jika ingin menang, maka calon penantang harus bisa memanfaatkan kelemahan Ganjar di Pilgub Jateng nanti.

"Meskipun secara kinerja tidak terlalu istimewa," kata Andre.

Untuk itu, kata Andre, penantang Ganjar harus mempersiapkan strategi secara matang dengan melakukan sosialisasi kepada rakyat. Menurutnya, strategi yang paling jitu adalah harus turun langsung ke bawah dengan mendengar langsung aspirasi rakyat.

"Cagub penantang incumbent harus lebih merakyat dan dimulai dari daerah sebagai antitesis Ganjar yang cenderung elitis," katanya.

Jika tidak, lanjut Andre, Ganjar akan lebih mudah menang dalam kontestasi Pilgub Jateng 2018 nanti. Mengingat, Jateng merupakan salah satu basis PDI Perjuangan (PDIP).

"Karena selain popularitasnya tinggi, juga Jateng masih basis PDIP," tegasnya.

KEYWORD :

Pilgub Jateng Ganjar Prabowo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :