Minggu, 05/05/2024 04:23 WIB

Pemerintah Spanyol Ingin Del Bosque Pimpin Transisi RFEF

Pemerintah Spanyol Ingin Del Bosque Pimpin Transisi RFEF

Mantan manajer Timnas Spanyol, Vicente del Bosque (Foto: Marca)

Madrid, Jurnas.com - Pemerintah Spanyol ingin menunjuk mantan manajer tim nasional, Vicente del Bosque, untuk memimpin transisi yang kini terjadi di tubuh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Del Bosque akan dipasangkan dengan seorang mantan pesepak bola profesional serta seorang pengacara yang diusulkan oleh Komite Olimpiade Spanyol (COE).

Namun, menurut laporan Diario AS pada Kamis (25/4), Del Bosque yang saat ini sedang berada di Real Valladolid bersama Ronaldo Nazario, belum memberikan persetujuan apapun.

"Del Bosque terlebih dahulu ingin tahu apa yang terjadi di RFEF, posisi apa yang akan diambil FIFA, dan apa yang akan terjadi bila Dewan Direksi COE tidak memberhentikan Pedro Rocha atau dewan manajemen," demikian bunyi laporan tersebut.

Intervensi pemerintah maupun COE dalam kepengurusan RFEF belum pernah terjadi sebelumnya, meski hal serupa pernah terjadi di federasi lain di Eropa. Namun, pemerintah Spanyol bersikukuh menerapkan formula ini sebagai upaya terakhir.

Dikatakan, apabila Rocha bersedia mengundurkan diri sebagai presiden sementara RFEF, maka proses transisi diyakini akan lebih mudah. Sayangnya, Rocha menolak melakukan hal ini.

"Semuanya masih dalam tahap informasi. Baik kami (FIFA) maupun UEFA menyadari apa yang terjadi. FIFA tidak harus memberikan persetujuan kepada CSD," kata sumber FIFA yang tidak disebutkan namanya.

KEYWORD :

Vicente del Bosque RFEF Federasi Sepak Bola Spanyol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :