Minggu, 05/05/2024 03:37 WIB

KPK Pecat 66 Pegawai Terlibat Pungli di Rutan

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil pemeriksaan hukuman disiplin terhadap PNS

Logo KPK

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memecat 66 pegawai yang terlibat dalam kasus pungutan liar (pungli) atau pemerasan terhadap tahanan di rumah tahanan (rutan) KPK.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil pemeriksaan hukuman disiplin terhadap PNS KPK yang selesai dilakukan pada 2 April 2024.

"Pada Selasa (23/4), KPK telah menyerahkan Surat Keputusan Pemberhentian kepada 66 Pegawai yang terbukti melakukan pelanggaran pemerasan di Rutan Cabang KPK," kata Ali Fikri dalam keterangannya dikutip Kamis, 25 April 2024.

Juru bicara KPK berlatar belakang jaksa itu menjelaskan, pemeriksaan dilakukan oleh Tim Pemeriksa yang terdiri dari atasan langsung, unsur pengawasan, dan unsur kepegawaian.

Dari pemeriksaan itu, 66 pegawai terbukti melanggar PP 94 tahun 2021 tentang Disiplin PNS, yaitu Pasal 4 huruf i; Pasal 5 huruf a; dan Pasal 5 huruf k.

"Selanjutnya pada 17 April 2024, Sekretaris Jenderal KPK selaku Pejabat Pembina Kepegawaian menetapkan Keputusan Hukuman Disiplin tingkat berat berupa Pemberhentian sebagai PNS, sebagaimana diatur dalam pasal 8 ayat (4) huruf c PP 94 Tahun 2021," kata Ali.

Ali menjelaskan pemberhentian akan efektif berlaku pada hari ke-15 sejak surat keputusan diserahkan kepada para pegawai tersebut.

Menurutnya, keputusan pemberhentian pegawai itu merupakan bagian dari komitmen KPK menyelesaikan penanganan pelanggaran di internal dan tak ada toleransi terhadap praktik-praktik korupsi.

"Dimana atas pelanggaran ini, KPK juga telah menjatuhi hukuman etik berdasarkan putusan Dewan Pengawas (Dewas), serta penyidikan dugaan tindak pidana korupsinya," katanya.

Sebelumnya, KPK juga telah menetapkan 15 orang tersangka dalam pemerasan di rutan. Para tersangka telah ditahan.

 
KEYWORD :

KPK Pungli di Rutan Pegawai Dipecat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :