Selasa, 30/04/2024 01:29 WIB

Khawatir Doktrin Scientology, Katie Holmes Jauhkan Putrinya Suri dari Tom Cruise

Khawatir Doktrin Scientology, Katie Holmes Jauhkan Putrinya Suri dari Tom Cruise

Katie Holmes, Suri Cruise, dan Tom Cruise. (FOTO: HO VIA AMERICATV)

JAKARTA - Suri Cruise pernah menjadi bayi paling terkenal di Amerika. Namun sejak usianya 6 tahun, Katie Holmes sengaja menjauhkan Suri dari ayahnya, Tom Cruise setelah bercerai.

Kedatangan putri Tom Cruise dan Katie Holmes pada tanggal 18 April 2006, memicu kehebohan global karena melihat sekilas bayi A-list tersebut.

Namun baru lima bulan setelah kelahirannya, dia memulai debutnya — di sampul Vanity Fair, dipeluk oleh orangtuanya yang menyayanginya, dalam foto-foto mengilap yang diambil oleh fotografer untuk para bintang, Annie Leibovitz.

Sekarang dia berusia 18 tahun pada hari Kamis (11/4/2024) dan menghadapi pilihan: Apakah akan kembali ke tingkat ketenaran yang dia miliki ketika masih kecil – ketika ada blog yang dikhususkan untuk fesyennya – atau mempertahankan kehidupan yang dijaga ketat yang telah dibangun Katie Holmes untuknya sejak dia mengesampingkan Tom Cruise dengan mengajukan cerai.

Remaja berambut gelap ini tumbuh besar di Manhattan dan sebagian besar terlindung dari sorotan oleh ibunya, Katie Holmes (45) yang penuh kasih dan sangat protektif, jauh dari Gereja Scientology milik ayahnya yang berusia 60 tahun.

Seperti yang diungkapkan Page Six tahun lalu, Suri diasingkan dari ayahnya yang terkenal dan pasangan tersebut tidak memiliki hubungan apa pun.

Sebuah sumber di industri mengatakan, bahwa bintang “Mission: Impossible” itu belum pernah bertemu Suri sejak 2012.

Katie Holmes telah melindungi Suri dan dia adalah seorang ibu yang berbakti,” kata sumber itu.

“Ini adalah seorang gadis yang merupakan warga negara. Dia belum menjalani hidupnya di depan umum.”

Katie Holmes mengatakan kepada majalah Glamour pada tahun 2023 bahwa dia suka “melindungi” Suri dari sorotan publik “karena dia begitu terlihat di usia muda.”

“Saya sangat bersyukur menjadi orangtua, menjadi orang tuanya. Dia orang yang luar biasa. Dia adalah hatiku,” tambahnya.

Menjadi satu-satunya putri dari orangtua tunggal yang protektif tentu saja sangat bertolak belakang dengan awal mula kehidupan Suri.

“Sepanjang hidupku, aku selalu ingin menjadi seorang ayah,” kata Tom Cruise kepada VF pada tahun 2006.

“Saya selalu berkata pada diri sendiri bahwa anak-anak saya akan dapat bergantung pada saya dan saya akan selalu ada untuk mereka dan mencintai mereka — bahwa saya tidak akan pernah membuat janji kepada anak-anak saya yang tidak dapat saya tepati."

“Saya bukan salah satu dari orang-orang yang percaya bahwa Anda dapat memanjakan seorang anak dengan terlalu banyak cinta. Anda tidak akan pernah bisa memberikan terlalu banyak cinta kepada seorang anak. Tidak mungkin.”

Sebelumnya, Tom Cruise sudah memiliki dua anak adopsi, Bella (31) dan Connor (29), dari pernikahannya dengan Nicole Kidman dan setelah debutnya di Vanity Fair dengan senang hati memamerkan Suri ke paparazzi.

Tom Cruise terkenal menyatakan percintaan mereka dengan melompat-lompat di sofa Oprah Winfrey pada Mei 2005, sambil berteriak, "Aku sedang jatuh cinta!"

Namun ketika Suri baru berusia 6 tahun, Katie Holmes mengajukan gugatan cerai setelah enam tahun menikah dengan bantuan ayahnya, Martin Holmes, seorang pengacara yang galak, dan melalui rencana rahasia yang melibatkan penggunaan ponsel.

Tom Cruise benar-benar terkejut dengan pengajuan tersebut saat dia berada di lokasi syuting "Oblivion" di Islandia pada bulan Juni 2012.

Dia dan Suri terakhir kali terlihat bersama di Disney World pada musim panas 2012.

Pada bulan November 2013, saat pernyataan dalam pertarungan pengadilan senilai $50 juta melawan sepasang majalah tabloid, bintang “Top Gun” itu mengakui bahwa Katie Holmes telah mengajukan gugatan cerai “untuk melindungi Suri dari Scientology,” ungkap dokumen pengadilan.

Meski tidak memiliki hubungan; sesuai perjanjian perceraian mereka, Tom Cruise, yang diperkirakan memiliki kekayaan $600 juta, setuju untuk membayar Katie Holmes $400.000 per tahun hingga Suri berusia 18 tahun serta “biaya medis, gigi, asuransi, pendidikan, kuliah, dan ekstrakurikuler lainnya” di masa depan.

Scientology menjadi inti pertanyaan tentang masa depan Suri.

Katie Holmes, yang menjadi terkenal dalam serial TV "Dawson`s Creek," diyakini telah menandatangani beberapa dokumen rahasia yang akan mencegahnya berbicara tentang pernikahannya dengan Tom Cruise - dan pengalamannya di Scientology.

Namun ketika Suri berusia 18 tahun, negara bagian NY menyatakan bahwa dia sudah mencapai usia dewasa, ketika seseorang secara hukum dianggap dewasa.

Itu akan memungkinkan dia untuk berbicara tentang ayahnya, keyakinannya, dan keretakan mereka.

Tony Ortega, yang telah meliput Scientology secara mendalam selama beberapa dekade, mengatakan kepada Page Six, “Suri mungkin masih terlalu muda untuk menandatangani perjanjian apa pun, tetapi dia sekarang akan bebas untuk berbicara jika dia mau dan itu akan sangat menarik jika dia mau, sesuatu untuk dikatakan."

“Salah satu alasan Katie Holmes pergi ketika Suri berusia 6 tahun adalah karena Katie Holmes melihat Isabella dan Connor mempelajari Scientology,” kata Ortega.

Tom Cruise tentu saja adalah pengikut Scientology yang paling terkenal dan dipandang sebagai salah satu tokoh paling kuat, mungkin nomor dua setelah pemimpinnya, David Miscavige.

Kekuatan tersebut membuat Ortega dan mantan Scientology mempertanyakan tindakan apa yang mungkin diambil Miscavige dan Scientology terkemuka lainnya terhadap Katie Holmes dan putrinya.

Anggota reguler yang keluar dinyatakan sebagai “orang penekan (SP)” dan mereka yang tetap di Scientology diminta untuk memberhentikan mereka sepenuhnya.

“Kami tidak tahu pasti apakah Katie Holmes pernah dinyatakan sebagai SP,” kata Ortega.

“Jika Anda adalah anggota gereja biasa, Anda mungkin diminta untuk memutuskan hubungan dengan istri dan anak perempuan Anda, tetapi karena Tom adalah seorang selebriti - dia adalah selebriti papan atas - dia mengabaikan semua hal ini."

“Rata-rata anggota Anda akan dikeluarkan, tetapi David Miscavige tidak bisa melakukan itu terhadap Tom Cruise.”

Baik Mike Rinder dan Jeff Augustine, dua mantan Scientology terkenal, setuju dengan klaim ini.

Agustinus menikah dengan Karen de la Carriere, yang merupakan salah satu pemimpin gereja berpangkat tertinggi sampai dia keluar pada tahun 2010 dan mengatakan kepada Page Six, “Situasi dengan Suri adalah cerita yang lebih besar tentang Scientology dan subjek tentang bagaimana mereka membuat orang tidak lagi berguna bagi mereka atau ancaman bagi mereka yang bukan manusia."

“Sepertinya mereka tidak ada lagi dan itulah yang terjadi pada Suri.”

Pada bulan Agustus 2020, Leah Remini — salah satu selebritas paling terkenal yang keluar dan menentang Scientology — memberitahu bahwa dia yakin Tom Cruise, yang sekarang sebagian besar tinggal di Inggris, sedang menunggu hingga Suri lebih dewasa agar dia dapat mengindoktrinasinya ke dalam Scientology.

Leah Remini, yang menghadiri pernikahan Tom Cruise dan Katie Holmes di Italia pada bulan November 2006 di Kastil Odescalchi abad ke-15, berkata, “Saya yakin rencana utamanya adalah menunggu sampai Suri bertambah dewasa sehingga dia bisa memikatnya ke dalam Scientology dan menjauh dari ibunya.”

Suri dengan perlahan memasuki dunia bisnis pertunjukan orangtuanya saat bersekolah di sekolah eksklusifnya di Manhattan, menyanyikan “Blue Moon” di kredit pembuka film Katie Holmes tahun 2022, “Alone Together.”

“Saya selalu menginginkan talenta tingkat tertinggi,” kata Katie Holmes.

“Jadi aku bertanya padanya! Dia sangat, sangat berbakat. Dia bilang dia akan melakukannya dan dia merekamnya, dan saya membiarkan dia melakukan hal itu.”

Suri juga bernyanyi dalam film “Rare Objects,” yang juga disutradarai Katie Holmes.

Katie Holmes tahun ini akan kembali ke Broadway dalam kebangkitan “Our Town” karya Thornton Wilder.

Dia belum menikah lagi tetapi menjalin hubungan asmara selama enam tahun dengan aktor Jamie Foxx yang dia rahasiakan sebelum mereka berpisah pada Agustus 2019 dan kemudian menjalin hubungan asmara singkat dengan pemilik restoran Nolita Emilio Vitolo Jr.

Katie Holmes berhati-hati untuk tidak berbicara terlalu banyak tentang putrinya, yang sekarang sedang mempersiapkan diri untuk kuliah, pernah berkata, “Dia tampil sangat kuat — dia selalu memiliki kepribadian yang kuat.”

Tapi dia sekarang bersiap-siap untuk putrinya meninggalkan sarangnya.

“Anda ingin mereka tinggal bersama Anda selamanya, tapi mereka adalah makhluk luar biasa, dan Anda harus melakukan apa pun yang Anda bisa untuk memberikan apa yang mereka butuhkan — dan kemudian mereka akan pergi,” katanya kepada Town & Country pada tahun 2017.

“Dan itu akan sangat, sangat menyedihkan bagi saya.”

Mengenai masa depan, mantan juru bicara Scientology Mike Rinder, yang belum pernah melihat dua anak tertuanya sejak dia keluar dari organisasi, mengatakan kepada Page Six, “Suri bukanlah seorang Scientology dan tidak akan pernah menjadi…dia pantas mendapatkan cinta dan simpati.” (*)

KEYWORD :

Kabar Artis Suri Katie Holmes Tom Cruise Scientology




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :