Selasa, 30/04/2024 01:34 WIB

Komandan Tertinggi Ukraina Menyebut Rusia Bakal Merebut Chasiv Yar pada 9 Mei

Komandan Tertinggi Ukraina Menyebut Rusia Bakal Merebut Chasiv Yar pada 9 Mei

Kendaraan tempur infanteri CV-90 Ukraina dekat kota garis depan Chasiv Yar di wilayah Donetsk, Ukraina 5 Maret 2024. REUTERS

KYIV - Komandan utama Ukraina pada Minggu mengatakan pasukan Rusia bermaksud merebut kota Chasiv Yar pada 9 Mei, sehingga memicu pertempuran penting untuk menguasai dataran tinggi di timur tempat Rusia memfokuskan serangannya.

Jatuhnya kota di sebelah barat kota Bakhmut yang hancur pada saat Moskow menandai kemenangan Soviet dalam Perang Dunia Kedua akan menunjukkan meningkatnya momentum medan perang Rusia ketika Kyiv menghadapi penurunan bantuan militer Barat.

Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi, yang memperingatkan akhir pekan ini bahwa situasi di timur telah memburuk, mengatakan Rusia memfokuskan upayanya di barat Bakhmut yang diduduki untuk mencoba merebut Chasiv Yar sebelum bergerak menuju kota Kramatorsk.

Chasiv Yar di wilayah Donetsk terletak 5-10 kilometer (3-6 mil) dari Bakhmut, kota hancur yang direbut pasukan Rusia pada Mei tahun lalu setelah pertempuran berdarah selama berbulan-bulan.

Brigade Kyiv menahan serangan di dekat Chasiv Yar untuk saat ini dan telah diperkuat dengan amunisi, drone, dan perangkat peperangan elektronik, katanya dalam sebuah pernyataan melalui pesan Telegram.

“Ancaman tersebut tetap relevan, mengingat fakta bahwa pimpinan tertinggi militer Rusia telah menetapkan tugas bagi pasukannya untuk merebut Chasiv Yar pada 9 Mei,” katanya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov, menulis di Facebook, mengatakan ia mengunjungi unit Ukraina di front timur pada hari Minggu dan menggambarkan situasi sebagai “tegang”, dengan Rusia berusaha membuat kemajuan di wilayah barat Bakhmut.

“Meskipun musuh memiliki keunggulan jumlah, kami secara efektif menggagalkan rencana ini berkat keberanian, pelatihan, dan profesionalisme para pembela HAM,” tulisnya.

Rusia menandai tanggal 9 Mei dengan parade militer besar-besaran di Lapangan Merah yang diawasi oleh Presiden Vladimir Putin yang memenangkan masa jabatan enam tahun baru di Kremlin pada pemilu yang dikontrol ketat pada bulan Maret.

Perang telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir ketika Rusia melancarkan tiga serangan udara besar-besaran terhadap pembangkit listrik dan gardu induk Ukraina, meningkatkan kekhawatiran atas ketahanan sistem energi yang tertatih-tatih pada musim dingin pertama perang tersebut.

Presiden Volodymyr Zelenskiy mengatakan kepada warga Ukraina dalam pidato malamnya pada hari Minggu: “Situasi di garis depan selama perang panas selalu sulit. Namun saat ini – dan terutama di garis depan Donetsk – semakin sulit.”

Pemimpin Ukraina telah memperingatkan Kremlin mungkin bersiap melancarkan serangan besar-besaran pada akhir musim semi atau musim panas.

Tidak jelas dari mana serangan itu akan terjadi, namun Rusia memfokuskan upaya serangannya di wilayah Donetsk.

Ukraina tahun ini mencoba mencari titik tekanan untuk menyerang balik Kremlin, dengan menggunakan drone jarak jauh yang diproduksi di dalam negeri untuk mengebom fasilitas minyak jauh di dalam wilayah Rusia.

Ukraina kini menghadapi tantangan tenaga kerja dan kekurangan peluru artileri.

Rob Lee, peneliti senior di Foreign Policy Research Institute, sebuah wadah pemikir di Philadelphia, mengatakan di X bahwa Chasiv Yar kemungkinan akan menjadi pertempuran yang penting.
“Chasiv Yar terletak di dataran tinggi yang dapat dipertahankan.

Jika Rusia menguasai (kota tersebut), mereka berpotensi meningkatkan laju serangan lebih jauh ke (wilayah) Donetsk sebagai bagian dari serangan musim panas yang diperkirakan,” katanya.

“Pasukan Rusia masih harus menyeberangi kanal untuk merebut (kota), namun mereka kini telah mencapai kanal di tenggara (kota). Peningkatan pengiriman amunisi dalam waktu dekat bisa menjadi hal yang penting.”

KEYWORD :

Serangan Rusia Balas Ukraina Wilayah Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :