Jum'at, 10/05/2024 01:36 WIB

Bos NATO Usulkan Paket Bantuan Militer Sebesar 100 Miliar Euro untuk Ukraina

Bos NATO Usulkan Paket Bantuan Militer Sebesar 100 Miliar Euro untuk Ukraina

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menghadiri konferensi di markas besar aliansi di Brussels, Belgia 14 Maret 2024. REUTERS

BRUSSELS - Bos NATO Jens Stoltenberg mengusulkan paket bantuan militer senilai 100 miliar euro ($107 miliar) selama lima tahun ke Ukraina yang akan memberikan aliansi Barat peran yang lebih langsung dalam memberikan dukungan kepada Kyiv, lima diplomat mengatakan pada hari Selasa.

Berdasarkan rencana tersebut, NATO akan mengambil alih beberapa pekerjaan koordinasi dari koalisi ad-hoc pimpinan AS yang dikenal sebagai kelompok Ramstein – sebuah langkah yang dirancang untuk mencegah pemotongan dukungan AS jika Donald Trump kembali ke Gedung Putih, kata para diplomat.

Proposal tersebut diperkirakan akan dibahas pada pertemuan dua hari para menteri luar negeri NATO pada hari Rabu dan Kamis, dengan tujuan menyelesaikan paket tersebut pada saat pertemuan puncak NATO di Washington pada bulan Juli.

Hingga saat ini, NATO sebagai sebuah organisasi masih membatasi diri pada bantuan tidak mematikan untuk Ukraina karena kekhawatiran bahwa peran yang lebih langsung dapat memicu peningkatan ketegangan dengan Rusia. Sebagian besar anggotanya memberikan senjata ke Ukraina secara bilateral.

Namun para diplomat mengatakan ada pandangan yang berkembang di dalam NATO bahwa sudah waktunya untuk memberikan bantuan militer ke Ukraina secara lebih berkelanjutan dan berjangka panjang, dan aliansi Barat adalah pihak yang paling tepat untuk mengambil peran tersebut.

Beberapa pihak juga mengatakan bahwa ancaman dari Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa ia akan menganggap berbagai langkah yang diambil oleh sekutu NATO sebagai tindakan eskalasi tidak mengarah pada tindakan pembalasan terhadap mereka.

Sebagai bagian dari rencana tersebut, NATO akan membentuk Misi NATO untuk Ukraina, meskipun masih belum jelas apakah misi tersebut akan beroperasi di dalam negeri, kata para diplomat. Beberapa negara bahkan berhati-hati dalam menyebut operasi tersebut sebagai sebuah misi.

Stoltenberg, sekretaris jenderal NATO, mengatakan rencana itu sebagian "untuk melindungi terhadap angin perubahan politik" di negara anggota NATO mana pun, namun Trump adalah yang paling penting dalam pikiran banyak orang, kata seorang diplomat senior NATO.

NATO menolak berkomentar secara rinci mengenai usulan Stoltenberg namun seorang pejabat NATO mengatakan para menteri luar negeri akan "membahas cara terbaik untuk mengatur dukungan NATO terhadap Ukraina, untuk menjadikannya lebih kuat, dapat diprediksi, dan bertahan lama".

“Tidak ada keputusan akhir yang akan diambil pada pertemuan tingkat menteri bulan April, dan diskusi akan terus berlanjut menjelang pertemuan puncak di Washington pada bulan Juli,” kata pejabat itu, yang menolak disebutkan namanya.

Para diplomat memperingatkan bahwa diskusi mengenai proposal tersebut masih dalam tahap awal dan masih belum jelas apakah total dana sebesar 100 miliar euro akan diterima atau bagaimana dana tersebut akan dibiayai. Semua keputusan NATO memerlukan konsensus di antara 32 anggota aliansi tersebut.

“Hal ini bisa dilakukan untuk melindungi Trump. Namun tidak mungkin menciptakan sesuatu yang anti-Trump,” kata diplomat lainnya.

“Dana sebesar 100 miliar terlihat sangat optimis, mengingat betapa sulitnya menyepakati jumlah yang lebih kecil di tingkat UE,” tambah diplomat itu.

KEYWORD :

Bantuan Ukraina Serangan Rusia NATO




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :