Kamis, 02/05/2024 10:17 WIB

Gedung Putih Minta NASA Membuat Standar Waktu untuk Bulan dan Benda Langit

Gedung Putih Minta NASA Membuat Standar Waktu untuk Bulan dan Benda Langit

Foto diambil oleh astronot NASA Randy Bresnik dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 3 Agustus 2017. Handout via REUTERS

WASHINGTON - Gedung Putih mengarahkan NASA untuk menetapkan standar waktu terpadu untuk bulan dan benda langit lainnya. Hal itu seiring dengan tujuan Amerika Serikat untuk menetapkan norma-norma internasional di luar angkasa di tengah meningkatnya perlombaan bulan antar negara dan perusahaan swasta.

Kepala Kantor Kebijakan Sains dan Teknologi Gedung Putih (OSTP), menurut memo yang dilihat oleh Reuters, menginstruksikan badan antariksa tersebut untuk bekerja sama dengan bagian lain dari pemerintah AS untuk menyusun rencana pada akhir tahun 2026 untuk menetapkan apa yang akan dilakukan. disebut Waktu Bulan Terkoordinasi (LTC).

Perbedaan gaya gravitasi, dan kemungkinan faktor lainnya, di bulan dan benda langit lainnya mengubah cara waktu berlangsung dibandingkan dengan persepsi di Bumi. LTC antara lain akan memberikan tolok ukur ketepatan waktu untuk pesawat ruang angkasa dan satelit bulan yang memerlukan ketelitian ekstrim untuk misinya.

“Jam yang kita miliki di Bumi akan bergerak dengan kecepatan berbeda di Bulan,” kata Kevin Coggins, kepala komunikasi dan navigasi luar angkasa NASA, dalam sebuah wawancara.

Memo kepala OSTP Arati Prabhakar mengatakan bahwa bagi seseorang yang berada di bulan, jam berbasis Bumi akan tampak kehilangan rata-rata 58,7 mikrodetik per hari Bumi dan disertai dengan variasi periodik lainnya yang selanjutnya akan menjauhkan waktu bulan dari waktu Bumi.

“Bayangkan jam atom di Observatorium Angkatan Laut AS (di Washington). Jam tersebut adalah detak jantung bangsa, menyinkronkan segalanya. Anda pasti menginginkan detak jantung di bulan,” kata Coggins.

Di bawah program Artemis, NASA bertujuan untuk mengirim misi astronot ke bulan di tahun-tahun mendatang dan membangun pangkalan ilmiah di bulan yang dapat membantu mempersiapkan misi masa depan ke Mars. Lusinan perusahaan, pesawat ruang angkasa, dan negara terlibat dalam upaya ini.

Seorang pejabat OSTP mengatakan bahwa tanpa standar waktu bulan yang terpadu, akan sulit untuk memastikan bahwa transfer data antar pesawat ruang angkasa aman dan komunikasi antara Bumi, satelit bulan, pangkalan, dan astronot tersinkronisasi.

Perbedaan waktu juga dapat menyebabkan kesalahan dalam pemetaan dan penempatan posisi di atau mengorbit bulan, kata pejabat itu.

“Bayangkan jika dunia tidak menyinkronkan jam mereka ke waktu yang sama – betapa mengganggunya hal ini dan betapa menantangnya hal-hal sehari-hari,” kata pejabat tersebut.

Di Bumi, sebagian besar jam dan zona waktu didasarkan pada Waktu Universal Terkoordinasi, atau UTC. Standar yang diakui secara internasional ini bergantung pada jaringan jam atom global yang luas yang ditempatkan di berbagai lokasi di seluruh dunia. Mereka mengukur perubahan keadaan atom dan menghasilkan rata-rata yang pada akhirnya menghasilkan waktu yang tepat.

Penyebaran jam atom di permukaan bulan mungkin diperlukan, menurut pejabat OSTP.

Pejabat tersebut juga mengatakan bahwa seiring dengan meluasnya aktivitas komersial ke bulan, standar waktu yang terpadu akan sangat penting untuk mengoordinasikan operasi, memastikan keandalan transaksi, dan mengelola logistik perdagangan bulan.

NASA pada bulan Januari mengatakan pihaknya telah menjadwalkan pendaratan astronot pertama di bulan pada September 2026 sejak berakhirnya program Apollo pada tahun 1970-an, dengan misi menerbangkan empat astronot mengelilingi bulan dan kembali dijadwalkan pada September 2025.

Meskipun Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang mengirim astronot ke bulan, negara lain juga mempunyai ambisi untuk mencapai bulan. Negara-negara mengincar potensi sumber daya mineral di bulan, dan pangkalan di bulan dapat membantu mendukung misi awak di masa depan ke Mars dan tempat lain.

Tahun lalu Tiongkok mengatakan pihaknya bertujuan untuk mengirim astronot pertamanya ke bulan pada tahun 2030. Jepang pada bulan Januari menjadi negara kelima yang mengirim pesawat ruang angkasa ke bulan. India tahun lalu menjadi negara pertama yang mendaratkan pesawat ruang angkasa di dekat kutub selatan bulan yang belum dijelajahi, dan telah mengumumkan rencana untuk mengirim astronot ke bulan pada tahun 2040.

“Kepemimpinan AS dalam menentukan standar yang sesuai – yang mencapai akurasi dan ketahanan yang diperlukan untuk beroperasi di lingkungan bulan yang menantang – akan menguntungkan semua negara penjelajah ruang angkasa,” kata memo OSTP.

Mendefinisikan bagaimana menerapkan Waktu Bulan Terkoordinasi akan memerlukan perjanjian internasional, kata memo itu, melalui “badan standar yang ada” dan di antara 36 negara yang telah menandatangani perjanjian yang disebut Perjanjian Artemis yang melibatkan bagaimana negara-negara bertindak di luar angkasa dan di bulan. Tiongkok dan Rusia, dua rival utama AS di bidang luar angkasa, belum menandatangani perjanjian tersebut Perjanjian Artemis.

Waktu Universal Terkoordinasi mungkin mempengaruhi penerapan Waktu Bulan Terkoordinasi, kata pejabat OSTP. Persatuan Telekomunikasi Internasional PBB mendefinisikan Waktu Universal Terkoordinasi sebagai standar internasional.

KEYWORD :

NASA Aturan Internasional Standar Waktu Bulan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :