Senin, 29/04/2024 08:06 WIB

PM Haiti Ajukan Pengunduran Diri Usai Pertemuan Regional di Jamaika

PM Haiti Ajukan Pengunduran Diri Usai Pertemuan Regional di Jamaika

Perdana Menteri Haiti Ariel Henry, saat pertemuan tentang situasi keamanan Haiti, di Lotte Palace Hotel di New York City, AS, 22 September 2023. REUTERS

KINGSTON - Perdana Menteri Haiti Ariel Henry telah mengajukan pengunduran dirinya sebagai kepala negara Karibia, kata pemimpin badan regional pada Senin, peran yang tidak dapat dipilih oleh ahli bedah saraf berusia 74 tahun itu sejak 2021.

“Kami mengakui pengunduran dirinya setelah pembentukan dewan presiden transisi dan penunjukan perdana menteri sementara,” kata Ketua Komunitas Karibia Irfaan Ali, yang juga presiden Guyana, berterima kasih kepada Henry atas pengabdiannya kepada Haiti.

Henry melakukan perjalanan ke Kenya akhir bulan lalu untuk mengamankan kepemimpinannya dalam misi keamanan internasional yang didukung PBB untuk membantu polisi memerangi geng-geng bersenjata. Namun peningkatan kekerasan yang drastis di ibu kota Port-au-Prince selama ketidakhadirannya membuat dia terdampar di AS di wilayah Puerto Riko.

Pengunduran diri Henry terjadi ketika para pemimpin regional bertemu pada Senin pagi di dekat Jamaika untuk membahas kerangka transisi politik, yang pekan lalu didesak AS untuk "dipercepat" sementara sejumlah geng menyerukan agar Henry mundur.

Para pejabat daerah telah terlibat dalam pembicaraan yang melibatkan anggota partai politik, sektor swasta, masyarakat sipil dan kelompok agama di Haiti yang bertujuan untuk membentuk dewan transisi yang akan membuka jalan bagi pemilu pertama sejak tahun 2016.

Henry, yang dianggap korup oleh banyak warga Haiti, telah berulang kali menunda pemilu dengan alasan keamanan harus dipulihkan terlebih dahulu.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sebelumnya pada hari Senin menyerukan pembentukan “perguruan tinggi kepresidenan yang berbasis luas, inklusif, dan independen”.

Dewan ini akan ditugaskan untuk memenuhi “kebutuhan mendesak” rakyat Haiti, memungkinkan pengerahan misi keamanan dan menciptakan kondisi keamanan yang diperlukan untuk pemilu yang bebas, kata Blinken.

KEYWORD :

Geng Haiti Gulingkan Perdana Menteri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :