Senin, 29/04/2024 07:59 WIB

Beri Makan Gelandangan, Jon Bon Jovi Diganjar Penghargaan MusiCares 2024

Beri Makan Gelandangan, Jon Bon Jovi Diganjar Penghargaan MusiCares 2024

[LR] Paul McCartney, Jon Bon Jovi dan Bruce Springsteen menghadiri MusiCares Person of the Year 2024 Menghormati Jon Bon Jovi pada GRAMMY Awards ke-66 pada 02 Februari 2024 di Los Angeles, California. (FOTO: KEVIN MAZUR/GETTY)

JAKARTA - Beri makan gelandangan (tunawisma), Jon Bon Jovi diganjar penghargaan MusiCares 2024. Jon Bon Jovi adalah MusiCares Person of the Year tahun ini! 

Ikon Rock and Roll itu mendapat penghargaan dari organisasi filantropi Recording Academy atas kontribusinya pada musik dan filantropi, Jumat (2/2/2024).

Sebuah upacara dan konser penghormatan diadakan untuk menghormatinya di Los Angeles Convention Center menjelang Grammy Awards, Minggu (4/2/2024).

Sebagai penerima penghargaan tahun ini, pentolan Bon Jovi ini diakui atas usahanya dalam mendirikan Jon Bon Jovi Soul Foundation untuk mengurangi kelaparan dan tunawisma, dan di karpet merah sebelum menerima penghargaannya, musisi tersebut juga memberikan wawasan menarik kepada penggemar tentang putranya. Pernikahan Jake Bongiovi yang akan datang dengan Millie Bobby Brown.

Saat ditanya apakah dia akan tampil di pernikahan pasangan yang bertunangan pada April 2023 itu , dia memberitahu, "Ya, pasti."

Naik ke panggung untuk menerima penghargaannya pada Jumat malam, sang Rocker pertama kali memberikan penghormatan emosional kepada temannya, Bruce Springsteen — yang dengannya dia juga melakukan duet "Who Says You Can`t Go Home" pada malam itu — mengakui penghargaan sebagai penghormatan untuk kematian ibu pelantun "Born to Run".

"Saya ingin berterima kasih kepada teman dan mentor saya Bruce Springsteen. Ibu Bruce dan Pam meninggal dua hari yang lalu," Jon Bon Jovi memulai.

“Ketika saya pertama kali mendapat berita itu, dia sudah berada di pesawat dalam perjalanan ke sini. Saya pasti akan mengerti jika dia mengatakan bahwa dia tidak bisa hadir, tetapi dia ingin berada di sini malam ini untuk menghadiri MusiCares. Dia ingin berada di sini malam ini untukku, dan aku selamanya berterima kasih padamu."

Dia kemudian memberikan penghormatan kepada legenda musik lainnya, dengan mengatakan, "Saya harus mengucapkan terima kasih kepada mantan penerima penghargaan ini, Sir Paul McCartney, namun menurut saya adil untuk mengatakan bahwa alasan sebagian besar, jika tidak semua dari kita, berada di ruangan ini malam ini, itu karena kamu, jadi terima kasih banyak karena telah baik."

Sambil mengucapkan terima kasih kepada MusiCares atas “kehormatan” yang diterimanya, ia menambahkan bahwa meskipun ia mengapresiasi tepuk tangan tersebut, ia merasa ia seharusnya berterima kasih kepada orang lain.

“Segala sesuatu yang telah saya capai, dengan atau tanpa band, atau dalam kehidupan filantropis saya, mendapat dukungan dari keluarga saya, teman-teman saya, rekan band, kolaborator, dan sepasukan orang yang bersedia, yang telah siap untuk mengambil keputusan saya, mimpiku dan mewujudkannya,” ujarnya.

Penyanyi itu melanjutkan untuk merayakan anak-anak yang memainkan alat musik atau menyanyi, sebelum menambahkan: "Musik menggerakkan kita. Musik menggerakkan kita ketika kita bahagia, dan menghibur kita ketika kita sedih. Musik menyatukan kita, dan ketika kita mungkin bisa bernyanyi, tidak banyak persamaannya, masih ada benang merahnya yaitu lagunya."

Dia kemudian berbagi anekdot yang menyentuh tentang "kesempatan untuk mendapatkan kembali gitar listrik pertama saya."

"Saya menjualnya pada tahun 1979 kepada seorang anak dari lingkungan sekitar seharga seratus dolar. Ketika dia menjualnya kembali kepada saya baru-baru ini, dia berkata, `Itu adalah tempatnya, di rumah.` Dan ketika saya mengeluarkan gitar itu dari kotak kardusnya, senarnya hanya ada lima, dan saya masih percaya bahwa bekas keringat itu adalah milik saya. Saya ragu anak itu pernah memainkannya. Hal pertama yang saya lakukan adalah memegangnya, benar-benar menggendongnya, lalu aku menulis lagu di dalamnya," ungkapnya.

Kemudian menggambarkan gitarnya sebagai "sahabat terbaik seumur hidup. Instrumen itu tidak akan pernah mengecewakan Anda," pentolan legendaris ini menggambarkan perjalanannya dalam bisnis musik sebagai "diberkati," sebelum memuji MusiCares "karena membantu masyarakat kami, suku kami, saudara dan saudari kita. Terima kasih atas dukungan finansial Anda terhadap industri kami, dan terima kasih atas dukungan Anda terhadap MusiCares."

Terakhir, Jon Bon Jovi merayakan mereka yang telah tampil selama acara tersebut — bersama Bruce Springsteen, termasuk Melissa Ethridge, Jelly Roll, Lainey Wilson, Pat Monahan, Shania Twain, dan Goo Goo Dolls — dan mengakhiri pidatonya dengan mengatakan, "Ini halamannya dari buku nyanyianku yang tak pernah berakhir di buku impianku. Terima kasih."

Selain daftar artis musikal yang dibintangi, hadirin malam itu juga termasuk Kylie Minogue, Lenny Kravitz, Gayle King, Katherine McPhee, Ted Danson dan Sabrina Carpenter.

Rocker ini mendirikan JBJ Soul Foundation hampir dua dekade lalu sebagai organisasi nirlaba yang bertujuan menawarkan bantuan, layanan sosial, dan peluang pelatihan kerja bagi mereka yang mengalami tunawisma dan kelaparan.

Bersamaan dengan organisasinya, legenda Rock ini mendirikan restoran komunitas nirlaba JBJ Soul Kitchen di negara asalnya, New Jersey, yang melayani pelanggan yang membayar melalui sumbangan atau membutuhkan makanan gratis.

Artis “Livin` On a Prayer” ini diumumkan sebagai MusiCares Person of Year 2024 pada bulan Oktober.

Saat itu, Direktur Eksekutif MusiCares Laura Segura menyampaikan pernyataan yang mengungkapkan kegembiraan organisasi dalam merayakan musisi tersebut.

“Kontribusinya yang luar biasa terhadap Rock and Roll tidak hanya meninggalkan jejak yang tak terhapuskan di industri musik, tapi juga di hati banyak penggemar di seluruh dunia,” kata Segura.

“Selain itu, komitmen jangka panjangnya untuk melayani individu yang rawan pangan dan tidak mempunyai tempat tinggal menginspirasi kita semua. Kami menantikan untuk merayakannya dan berbagai cara yang telah dia lakukan untuk membuat perbedaan di dunia ini.”

Pemenang Grammy satu kali dan nominasi total 11 kali ini bergabung dengan daftar mengesankan penerima penghargaan MusiCare Person of the Year sebelumnya.

Pada tahun 2023, pendiri Motown Records, Berry Gordy dan Smokey Robinson, keduanya dianugerahi gelar tersebut, dan artis seperti Aerosmith, Dolly Parton, Fleetwood Mac, dan Joni Mitchell, antara lain, telah menerima penghargaan tersebut di masa lalu. (*)

 

KEYWORD :

Seputar Musik Jon Bon Jovi MusiCares Soul Foundation




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :