Senin, 13/05/2024 06:33 WIB

PBB Imbau Semua Negara Jamin Kelangsungan Bantuan Gaza Lewat UNRWA

PBB Imbau Semua Negara Jamin Kelangsungan Bantuan Gaza Lewat UNRWA

Sekjen PBB Antonio Guterres (Foto: Financial Tribune)

PBB - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menggambarkan badan pengungsi Palestina PBB (UNRWA) sebagai "tulang punggung semua respons kemanusiaan di Gaza". Dia mengimbau semua negara untuk "menjamin kelangsungan upaya penyelamatan nyawa UNRWA." bekerja."

Amerika Serikat adalah donor terbesar bagi Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat dan untuk sementara menghentikan pendanaannya – bersama dengan beberapa negara lainnya – setelah Israel menuduh beberapa staf badan tersebut ikut serta dalam serangan 7 Oktober oleh Israel. militan Hamas.

“Saya secara pribadi merasa ngeri dengan tuduhan-tuduhan ini,” kata Guterres kepada Komite Penerapan Hak-Hak Rakyat Palestina yang tidak dapat dicabut. “Kemarin, saya bertemu dengan para donor untuk mendengarkan kekhawatiran mereka dan menguraikan langkah-langkah yang kami ambil untuk mengatasinya.”

Tuduhan tersebut muncul ke publik pada hari Jumat ketika UNRWA mengumumkan telah memecat beberapa stafnya setelah Israel memberikan informasi kepada badan tersebut. Guterres mengatakan pada hari Minggu bahwa dari 12 orang yang terlibat, sembilan orang telah dipecat, satu orang tewas, dan identitas dua orang lainnya sedang diklarifikasi.

Sebuah dokumen intelijen Israel, yang dilihat oleh Reuters pada hari Senin, memuat tuduhan bahwa beberapa staf UNRWA ikut serta dalam penculikan dan pembunuhan selama serangan 7 Oktober yang memicu perang Gaza dan menuduh sekitar 190 karyawan UNRWA merangkap sebagai militan Hamas atau Jihad Islam.

Palestina menuduh Israel memalsukan informasi untuk mencoreng UNRWA. UNRWA mempekerjakan 13.000 orang di Gaza, menjalankan sekolah, klinik kesehatan dasar dan layanan sosial lainnya, serta mendistribusikan bantuan kemanusiaan.

“Sistem kemanusiaan di Gaza sedang runtuh,” kata Guterres. “Saya sangat prihatin dengan kondisi tidak manusiawi yang dihadapi oleh 2,2 juta penduduk Gaza, ketika mereka berjuang untuk bertahan hidup tanpa kebutuhan dasar apa pun.”

KEYWORD :

Israel Palestina Serangan Hamas Bantuan Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :