Minggu, 12/05/2024 05:45 WIB

Intelijen Israel Tuduh 190 Staf PBB di Gaza Terlibat dalam Serangan Hamas

Intelijen Israel Tuduh 190 Staf PBB di Gaza Terlibat dalam Serangan Hamas

Sebuah truk, bertanda logo Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB menyeberang ke Mesir dari Gaza, di Rafah, Mesir, 27 November 2023. Foto: Reuters

JERUSALEM - Berkas intelijen Israel yang mendorong banyak negara menghentikan dana untuk badan bantuan Palestina PBB mencakup tuduhan bahwa beberapa staf ikut serta dalam penculikan dan pembunuhan selama serangan 7 Oktober yang memicu serangan dan perang di Gaza.

Dokumen setebal enam halaman itu, yang dilihat oleh Reuters, menuduh bahwa sekitar 190 pegawai UNRWA, termasuk guru, telah merangkap sebagai militan Hamas atau Jihad Islam. Terdapat nama dan gambar 11 orang dari mereka.

Palestina menuduh Israel memalsukan informasi untuk mencoreng UNRWA, yang mengatakan pihaknya telah memecat beberapa staf dan sedang menyelidiki tuduhan tersebut.

Salah satu dari 11 orang tersebut adalah seorang konselor sekolah yang dituduh dalam dokumen Israel memberikan bantuan yang tidak disebutkan secara spesifik kepada putranya dalam penculikan seorang wanita selama infiltrasi Hamas di mana Israel mengatakan 1.200 orang terbunuh dan 253 orang diculik.

Seorang lainnya, seorang pekerja sosial UNRWA, dituduh terlibat secara tidak spesifik dalam pemindahan jenazah tentara Israel yang terbunuh ke Gaza dan mengoordinasi pergerakan truk pick-up yang digunakan oleh para perampok dan pasokan senjata.

Orang Palestina ketiga dalam dokumen tersebut dituduh ikut serta dalam aksi kekerasan di desa Beeri di perbatasan Israel, yang sepersepuluh penduduknya terbunuh. Orang keempat dituduh berpartisipasi dalam serangan di Reim, lokasi pangkalan militer yang dikuasai dan sebuah pesta pora yang menewaskan lebih dari 360 orang.

Berkas itu ditunjukkan kepada Reuters oleh sumber yang tidak dapat disebutkan namanya atau kebangsaannya. Sumber tersebut mengatakan bahwa laporan tersebut dikumpulkan oleh intelijen Israel dan dibagikan kepada Amerika Serikat, yang pada hari Jumat menangguhkan pendanaan untuk UNRWA.

Ketika ditanya tentang dokumen tersebut, juru bicara UNRWA mengatakan dia tidak dapat berkomentar karena penyelidikan yang sedang dilakukan oleh PBB.

Lebih dari 10 negara, termasuk donor utama Amerika Serikat dan Jerman, telah menghentikan pendanaan mereka untuk badan tersebut.

OPERASI BANTUAN TERBAHAYA
Hal ini merupakan masalah besar bagi lembaga yang menjadi tumpuan lebih dari separuh dari 2,3 juta warga Palestina di Gaza untuk mendapatkan bantuan sehari-hari, dan lembaga ini telah mengalami kesulitan akibat perang Israel terhadap Hamas di daerah kantong tersebut.

UNRWA mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya tidak akan dapat melanjutkan operasi di Gaza dan seluruh wilayah setelah akhir Februari jika pendanaan tidak dilanjutkan.

Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB dibentuk untuk para pengungsi perang tahun 1948 saat berdirinya Israel di wilayah yang dulunya merupakan wilayah Palestina yang dikuasai Inggris. Hal ini juga merawat jutaan keturunan pengungsi asli di wilayah Palestina dan luar negeri. UNRWA mempekerjakan 13.000 orang di Gaza.

Israel telah lama menuduh UNRWA melanggengkan konflik dengan menghambat pemukiman kembali pengungsi, dan kadang-kadang mengatakan staf badan tersebut ikut serta dalam serangan bersenjata terhadap UNRWA.

UNRWA membantah melakukan kesalahan dan menggambarkan perannya hanya sebagai bantuan saja.
“Dari informasi intelijen, dokumen dan kartu identitas yang disita selama pertempuran, kini dimungkinkan untuk menandai sekitar 190 anggota teroris Hamas dan PIJ yang bertugas sebagai pegawai UNRWA,” kata dokumen berbahasa Ibrani itu.

Mereka menuduh Hamas “secara metodis dan sengaja mengerahkan infrastruktur terorisnya di berbagai fasilitas dan aset PBB”, termasuk sekolah. Hamas membantah hal itu.

Dua orang yang diduga anggota Hamas yang dikutip dalam dokumen tersebut digambarkan telah "dihilangkan" atau dibunuh oleh pasukan Israel. Orang Palestina ke-12 yang nama dan fotonya diberikan dikatakan tidak memiliki keanggotaan faksi dan telah menyusup ke Israel pada 7 Oktober.

Yang juga masuk dalam daftar 12 orang tersebut adalah seorang guru UNRWA yang dituduh mempersenjatai dirinya dengan roket anti-tank, seorang guru lainnya yang dituduh merekam seorang sandera, dan manajer sebuah toko di sekolah UNRWA yang dituduh membuka ruang perang untuk Jihad Islam.

Pada akhir pekan, Sekjen PBB Antonio Guterres berjanji akan meminta pertanggungjawaban setiap pegawai yang terlibat dalam tindakan “menjijikkan”, namun meminta negara-negara untuk terus mendanai UNRWA karena alasan kemanusiaan.

“Puluhan ribu pria dan wanita yang bekerja untuk UNRWA, banyak di antaranya berada dalam situasi paling berbahaya bagi pekerja kemanusiaan, tidak boleh dihukum,” katanya. “Kebutuhan mendesak dari masyarakat yang putus asa yang mereka layani harus dipenuhi.”

KEYWORD :

Israel Palestina Serangan Hamas Staf PBB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :