Kamis, 09/05/2024 15:36 WIB

Sahroni Apresasi PMJ yang Tindak Pengguna Plat Nomor Palsu

Ditlantas Polda Metro Jaya melalui akun Instagram @tmcpoldametro, tengah menggelar razia serta penindakan terhadap kendaraan, yang menggunakan pelat nomor rahasia palsu, Minggu (28/1).

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni

 

Jakarta, Jurnas.com - Ditlantas Polda Metro Jaya melalui akun Instagram @tmcpoldametro, tengah menggelar razia serta penindakan terhadap kendaraan, yang menggunakan pelat nomor rahasia palsu, Minggu (28/1).

Jika masih nekat melakukan, ancaman penjara maksimal 6 tahun bisa menanti. Polda Metro Jaya juga menegaskan, bahwa pelat rahasia atau pelat dewa baru juga tidak kebal terhadap sistem ganjil genap.

Penertiban pelat nomor rahasia palsu ini lantas mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Politikus Partai NasDem tersebut melihat, pemakaian pelat palsu erat kaitannya dengan aksi sewenang-wenang di jalan yang merugikan masyarakat.

“Bagus, pengguna pelat rahasia palsu memang wajib ditindak secara tegas dan keras. Karena sudah pasti, para pemalsu pakai ini buat gagah-gagahan, sewenang-wenang, yang berujung merugikan para pengguna jalan lainnya. Jadi diberi hukuman saja kalau ada yang kedapatan masih memakai. Toh sudah jelas-jelas nggak boleh, masih nekat pula,” ujar Sahroni, kepada wartawan, Jakarta, Senin 29/1).

Lebih lanjut, Sahroni menilai, jika dibiarkan para pengguna pelat rahasia palsu ini dapat membuat masyarakat terus berprasangka buruk kepada pejabat di jalan. Sahroni bahkan menduga, beberapa temuan pengguna pelat rahasia yang ugal di jalan, merupakan para oknum pemalsu.

“Karena mereka-mereka ini yang bikin masyarakat jadi miliki stigma negatif sama pejabat negara di jalan. Kesannya pejabat itu ugal-ugalan, serobot aturan sana-sini, padahal faktanya? Banyak pengguna pelat rahasia palsu di jalan. Nah tapi kan masyarakat susah bedainnya, hanya polisi yang bisa. Bahkan bisa jadi, yang selama ini kelihatan ugal itu sebenarnya para pemalsu,” tambah Sahroni.

Terakhir, Sahroni juga meminta Polri terus lakukan razia pelat rahasia palsu secara berkala. Agar, memberikan efek jera kepada para pemalsu.

“Jadi polisi harus terus lakukan razia di jalanan, beresin yang masih nekat-nekat itu, publikasikan kalau perlu. Agar memberi efek jera dan peringatan kepada para pelaku. Ini pelanggaran yang fatal loh soalnya,” tutup Sahroni.

KEYWORD :

Ahmad Sahroni Komisi III DPR Sahroni Apresasi PMJ Tindak Pengguna Plat Nomor Palsu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :