Jum'at, 03/05/2024 04:57 WIB

KPK Kembali Periksa Elza Syarief

Elza menduga pemeriksaan dirinya akan ditelisik lebih dalam lagi mengenai dugaan tekanan yang dialami Miryam. 

Elza Syarief (suara)

Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa advokat, Elza Syarief, Senin (17/4/2017). Kali ini, Elza diagendakan diperiksa sebagai saksi untuk Miryam S Haryani (MSH), tersangka memberikan keterangan palsu atau tidak benar dalam sidang korupsi e-KTP.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MSH," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Elza sendiri telah memenuhi panggilan pemeriksaan. Elza menduga pemeriksaan dirinya akan ditelisik lebih dalam lagi mengenai dugaan tekanan yang dialami Miryam.  Sayangnya, Elza enggan merinci siapa oknum penekan dimaksud. Yang jelas, kata Elza, masalah ini telah dijelaskan pada pemeriksaan sebelumnya.

"Ada sih tetapi itu masuk materi projustitia. Teman-temannya yang namanya ada di surat dakwaan," ujar ‎Elza setibanya di kantor KPK, Jakarta.

Pengacara Farhat Abbas turut mendampingi Elza memenuhi panggilan pemeriksaan. Menurut Farhat, Elza  akan kembali didalami soal nama-nama yang diduga mempengaruhi Miryam hingga mencabut seluruh isi BAP miliknya.

"Pokoknya dalam pemeriksaa lalu, Ibu Elza ini diperiksa (penyidik), yang dikejar itu termasuk petinggi juga inisial SN dan RA, orang yang dianggap mengatur merupakan petinggi partai juga bekerja sebagai asisten," ujar Farhat.

Meski demikian, Farhat bersikukuh tak mau mengungkap inisial tersebut. Menurut Farhat, kedua orang berinisial itu yang diduga KPK ada di balik pengacara Anton Taufik. "Tapi untuk lebih lengkap kita ga berani menyebutkan nama. Tapi Ibu (Elza) dikejar (penyidik) bahwa peristiwa itu dilakukan oleh suruhan orang yang berinisial SN dan RA, itu untuk pengacara Anton Taufik. Karena mereka adalah jaringan, ibu didesak untuk itu. Untuk selanjutnya ibu membenarkan atau tidaknya itu setelah pemeriksaan ini," ungkap Farhat.

Dalam persidangan terdakwa dua mantan pejabat Kemendagri, Irman dan Sugiharto sebelumnya muncul nama Anton Taufik yang diduga sempat menemui Miryam di kantor Elza Syarif sebelum bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta. Pasca pertemuan itu, Miryam justru mencabut seluruh isi BAP miliknya. Padahal Miryam sebelumnya kepada KPK banyak membongkar dugaan keterlibatan anggota DPR di kasus korupsi senilai Rp 2,3 triliun tersebut.

KEYWORD :

KPK Elza Syarief




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :