Minggu, 05/05/2024 11:14 WIB

Kata Polri, Laporan Pidana Pilkada DKI Didiamkan Sementara

Menurut Martinus, ditundanya tindak lanjut sejumlah laporan pidana atas pertimbangan demi menjaga stabilitas

Kombes Pol Martinus Sitompul

Jakarta - Kabag Penum Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan pihaknya memiliki tanggungjawab yang cukup besar dalam mengamankan dan menertibkan situasi ibukota jelang pelaksanaan Pilkada DKI putaran kedua. Sehingga, pelaksanaan Pilkada berlangsung aman dan terkendali.

Demi menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di DKI, menurut Martinus, polisi mengambil langkah strategis dalam menanggapi berbagai laporan pidana berpotensi konflik. Ia mengakui pihaknya mendiamkan sementara sejumlah laporan hingga diproses pada waktu yang dianggap tepat.

"Ada beberapa laporan yang sudah kita teruskan, ada juga beberapa proses hukum yang juga kita tunda," ujar Martinus di saat diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (15/4/2017).

Martinus menegasan Polri berusaha berada pada posisi netral untuk Pilkada DKI. Ia menolak asumsi tentang Polri yang berpihak ke salah satu pasangan calon tertentu.

Selain menjaga komitmen netralitas, disampaikan Martinus, Polri akan terus mengukuhkan sikap profesionalitasnya.

"Untuk kepercayaan pada penegak hukum dan lebih luas lagi kepercayaan kepada negara ini terus kita lakukan," ungkapnya.

Martinus menyampaikan sejauh ini Polri cukup sigap dalam menyikapi berbagai pelanggaran Pilkada. Diantaranya, mengantisipasi munculnya berbagai spanduk dan pamflet yang bertendensi memicu konflik horisontal jelang pilkada.

"Tidak perlu menunggu Bawaslu, kita turunkan. Jadi itu upaya progresif kita, agar jangan sampai lebih meruncing," paparnya.

KEYWORD :

Polri Martinus Sitompul Pilkada DKI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :