Jum'at, 10/05/2024 03:47 WIB

Uhamka dan Sofia University Dirikan Pusat Islam Moderat

Pusat Transformasi Antar Universitas ini adalah langkah kongkrit dari hasil rencana yang sudah dikembangkan melalui rencana strategis Uhamka.

Uhamka dan Sofia University sepakat mendirikan Pusat Islam Moderat (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) dan Sofia University, difasilitasi oleh KBRI Bulgaria, sepakat mendirikan Pusat Transformasi Antar Universitas (Ad Intern University Transformation Center), yang berfokus di bidang Islam moderat dan kepemimpinan perempuan.

Penandatanganan kerja sama ini dihadiri Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro, Sekretaris Uhamka Emaridial Ulza, serta Kepala Lembaga Kerjasama dan Publikasi Uhamka Heri Mulyono.

Sementara itu, Rektor Sofia University, Wakil Rektor, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Pendidikan, serta sejumlah profesor yang akan terlibat dalam penelitian ini turut serta dalam penandatanganan perjanjian.

Pusat Transformasi Antar Universitas ini bertujuan untuk menjadi pusat keunggulan dalam riset tentang Islam moderat dan peran penting wanita dalam pendidikan dan sains.

Kedua universitas akan bekerja sama dalam pelaksanaan penelitian serta pertukaran ilmu dan pengetahuan guna menghasilkan wawasan yang lebih dalam dalam kedua bidang tersebut.

"Kerjasama ini adalah langkah maju dalam pengembangan kapasitas riset di Uhamka dan juga dalam memperkuat hubungan internasional kami. Dengan fokus pada Islam moderat dan peran wanita dalam pendidikan dan sains, kami berharap pusat ini akan memberikan kontribusi berharga bagi masyarakat global," kata Gunawan dalam siaran tertulis pada Minggu (26/11).

Sementara itu, Heri mengatakan Pusat Transformasi Antar Universitas ini adalah langkah kongkrit dari hasil rencana yang sudah dikembangkan melalui rencana strategis Uhamka.

"Selama periode ini, akan disiapkan pula sejumlah dosen-dosen dari Uhamka yang akan menjalani studi posdoktoral dan melanjutkan studi doktor di Sofia University. Hal ini akan memperkuat kolaborasi antara kedua universitas dan memperluas wawasan dosen-dosen Uhamka," terang dia.

Selain kerja sama di bidang riset, kerja sama ini juga mencerminkan sejarah panjang hubungan antara Bulgaria dan Indonesia yang semakin memperkaya keragaman penelitian di kedua negara.

Dengan memahami konteks historis dan kultural masing-masing, pusat transformasi ini diharapkan dapat menghasilkan riset yang lebih kontekstual dan bermakna bagi kedua negara.

KEYWORD :

Pusat Islam Moderat Uhamka Gunawan Suryoputro Sofia University Bulgaria




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :