Rabu, 22/05/2024 04:08 WIB

Palestina Didukung Iran, Ukraina Kutuk Hamas, Rusia Serukan Gencatan Senjata

Palestina Didukung Iran, Ukraina Kutuk Hamas, Rusia Serukan Gencatan Senjata

Pengungsi Palestina mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan slogan-slogan saat aksi duduk memperingati Hari Pengungsi Sedunia di depan kantor UNRWA di Beirut, Lebanon, pada 20 Juni 2023. (Foto: AP/Hassan Ammar)

MOSKOW - Rusia menyatakan keprihatinannya yang paling serius atas memburuknya konflik Israel-Palestina, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

“Kami menyerukan kepada pihak Palestina dan Israel untuk segera menerapkan gencatan senjata, meninggalkan kekerasan, melakukan pengendalian diri yang diperlukan dan membangun, dengan bantuan komunitas internasional, sebuah proses negosiasi yang bertujuan untuk menciptakan perdamaian yang komprehensif, abadi dan telah lama ditunggu-tunggu. Timur Tengah,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Rusia menjalin kontak dengan Israel, Palestina dan negara-negara Arab mengenai gejolak ini, kantor berita Interfax melaporkan sebelumnya, mengutip Wakil Menteri Luar Negeri Mikhail Bogdanov.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengutuk apa yang disebutnya sebagai "serangan teroris" terhadap Israel setelah serangan mendadak oleh kelompok Islam Palestina Hamas dan mendukung hak negara tersebut untuk membela diri.

“Siapa pun yang melakukan teror berarti melakukan kejahatan terhadap dunia. Siapa pun yang mendanai teror berarti melakukan kejahatan terhadap dunia,” tulisnya di platform media sosial X.

“Dunia harus bersatu dan dalam solidaritas sehingga teror tidak berusaha menghancurkan atau menundukkan kehidupan di mana pun dan kapan pun.”

Ukraina saat ini sedang menangkis invasi besar-besaran oleh Rusia.

Zelenskiy menambahkan: "Hak Israel untuk membela diri tidak perlu dipertanyakan lagi."

Secara terpisah, Kementerian Luar Negeri Ukraina juga mengutuk serangan hari Sabtu, yang menggabungkan orang-orang bersenjata yang menyeberang ke beberapa kota Israel dengan rentetan roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza.

Berbeda dengan Rusia dan Ukraina, seorang penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei pada hari Sabtu mengucapkan selamat kepada pejuang Palestina karena melancarkan serangan terbesar terhadap Israel selama bertahun-tahun, situs berita semi-resmi ISNA melaporkan.

“Kami mengucapkan selamat kepada para pejuang Palestina,” kata Yahya Rahim Safavi. “Kami akan mendukung para pejuang Palestina sampai pembebasan Palestina dan Yerusalem.”

Dalam serangan mendadak, kelompok Palestina Hamas menyeberang ke beberapa kota Israel pada hari Sabtu dengan rentetan roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza.

Televisi pemerintah Iran menunjukkan anggota parlemen bangkit dari kursi mereka pada hari Sabtu dan meneriakkan “Matilah Israel” dan “Palestina menang, Israel akan dihancurkan”.

KEYWORD :

Israel Palestina Serangan Hamas Roket Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :