Selasa, 14/05/2024 15:09 WIB

Jokowi Terima Surat Pengunduran Diri Syahrul Yasin Limpo sebagai Mentan

Surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo diterima Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Istana Kepresidenan pada Kamis (5/10).

Presiden Joko Widodo memberikan arahannya pada pembukaan Rapat Kerja Nasional membahas Strategi Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta Program Percepatan Penurunan Stunting tahun 2023, Jakarta, Rabu (25/1).

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku sudah menerima surat pengunduran diri Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dari jabatannya.

Surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo diterima Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Istana Kepresidenan pada Kamis (5/10).

"Ya tadi malam, saya sudah. Diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri Pak Menteri Pertanian," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat (6/10).

Jokowi mengatakan telah menindaklanjuti dan menandatangani surat permohonan pengunduran diri dari politikus Partai Nasdem tersebut.

Untuk sementara, kata Jokowi, Kepala Badan Pangan Nasional, Arif Prasetyo bakal menjadi Plt Menteri Pertanian. Jokowi menjelaskan langkah itu lebih koordinatif.

"Supaya lebih koordinatif, lebih memudahkan krn biasanya kita bulog, badan pangan, mentan, menteri perdagangan ini selalu harus satu. jadi utk konsolidasi aja biar memudahkan," kata Ali.

Sebelumnya diberitakan, usai memberi surat pengunduran diri Syahrul, Pratikno mengatakan kemungkinan akan diterbitkan keputusan presiden untuk memberhentikan politikus NasDem tersebut. Lalu Istana akan mencari menteri pertanian baru.

Dia menyebut akan ada reshuffle kabinet dalam waktu dekat. Namun, Pratikno enggan berspekulasi siapa yang akan mengisi jabatan itu. Pratikno enggan berkomentar saat ditanya isu PDIP akan mengisi posis tersebut.

"Surat saja baru kita terima, tentu saja kita saya akan melaporkan dulu ke Pak Presiden, tindak lanjutnya akan kami kabarkan segera," ucapnya.

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo mengantarkan surat pengunduran dirinya ke Istana. Surat itu diberikan langsung ke Mensesneg Pratikno.

Syahrul berkata ingin fokus menghadapi kasus korupsi yang berjalan di KPK. Ia tak mau mengganggu kerja Jokowi dengan kasus ini.

KEYWORD :

Presiden Jokowi Joko Widodo Menteri Pertanian Syahrul Yasim Limpo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :