Selasa, 14/05/2024 18:15 WIB

Jokowi Tunjuk Kepala Badan Pangan Gantikan Syahrul Yasin Limpo

Tadi malam sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg surat pengunduran diri dari pak Menteri Pertanian. Sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti sudah saya tanda tangani juga.

Presiden Jokowi resmi membuka KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta. (Foto: Jurnas/Dok Setpres).

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah menerima surat pengunduran diri dari Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai Menteri Pertanian (Mentan).

"Tadi malam sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg surat pengunduran diri dari pak Menteri Pertanian. Sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti sudah saya tanda tangani juga," kata Jokowi dalam keterangannya di Istana Negara, Jumat (6/10).

Atas pengunduran tersebut, Jokowi kemudian menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) untuk mengisi kekosongan kursi Mentan. Jokowi menugaskan Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo sebagai Plt Mentan.

"Penggantinya masih Plt, Plt-nya Pak Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu membeberkan alasan penunjukan Arief Prasetyo sebagai Plt Mentan. Menurutnya agar lebih mempermudah koordinasi dengan kementerian dan lembaga lain yang mengurusi soal pangan.

"Supaya koordinatif, lebih memudahkan. Karena biasanya kita Bulog, badan pangan, Kementan, Menteri Perdagangan ini harus selalu satu. Jadi untuk koordinasi saja biar memudahkan, kalau saya itu saja," terang Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mendatangi Istana Negara untuk menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Mentan.

Pengunduran diri tersebut, menyusul kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). SYL diisulan telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. 

Namun, lembaga antirasuah belum mengumumkan siapa saja tersangka dalam kasus itu. Sebelumnya, KPK juga telah melakukan penggeledahan di rumah dinas Syahrul Yasin Limpo dan menyita uang puluhan miliar rupiah.

 

KEYWORD :

Presiden RI Joko Widodo Jokowi Kepala Badan Pangan Kementan Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :