Rabu, 15/05/2024 18:50 WIB

Ini Tip untuk Dinginkan Kabin Mobil yang Kepanasan

Pemilik kendaraan mungkin menyadari bahwa setelah mobil terparkir, suhu dalam kabin sering kali terasa lebih panas dibandingkan suhu udara luar ruangan

Mobil Toyota di Pelabuhan. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Mobil yang terparkir di tempat terbuka terancam over heat alias kepanasan. Untuk menghindari itu, ada sejumlah tip yang bisa dilakukan untuk dinginkan suhu dalam mobil.

"Cuaca panas ditambah dengan polusi udara memengaruhi perilaku berkendara terutama setelah mobil terparkir dengan waktu lama di bawah sinar matahari," kata Assistant to Service Departemen Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) Hariadi.

Dia mengatakan pemilik kendaraan mungkin menyadari bahwa setelah mobil terparkir, suhu dalam kabin sering kali terasa lebih panas dibandingkan suhu udara luar ruangan.

Kondisi tersebut disebabkan suhu panas yang diserap kendaraan terperangkap di ruang kedap (kabin) sehingga menghasilkan suhu lebih tinggi dari suhu luar ruangan.

1. Menyalakan mesin terlebih dahulu.
Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah menyalakan mesin mobil. Pastikan transmisi mobil dalam posisi parkir atau netral. AC dalam posisi tidak aktif sehingga mesin diberikan waktu untuk bekerja secara bertahap setelah lama berhenti.

2. Membuka kaca jendela mobil
Setelah menyalakan mesin mobil, pengendara dianjurkan membuka seluruh kaca jendela mobil, mulai kaca pengemudi, penumpang baris pertama, hingga kaca mobil penumpang baris kedua. Langkah ini untuk membuka ruang sirkulasi udara yang ada di dalam mobil.

Sirkulasi udara akan menetralkan suhu yang lama terperangkap di dalam mobil sehingga udara dalam mobil kembali aman untuk dihirup pengendara. Usahakan membuka jendela di tempat dengan udara segar, bersih, terhindar dari debu, dan bau kurang sedap.

3. Menyalakan AC
Menyalakan AC dengam suhu rendah dan tingkat embusan besar. Konsumen juga bisa menggunakan fitur AC Auto selama 2 menit untuk menetralkan suhu di kabin mobil. Setelah 2 menit dan suhu kabin kembali normal, kaca mobil dapat kembali ditutup dan suhu AC dapat diatur menjadi normal, yaitu pada kisaran 22-24 derajat celcius.

4. Menggunakan sarung pelindung mobil saat parkir
Untuk menghambat peningkatan suhu di tengah cuaca panas, konsumen sebaiknya melindungi mobil dengan sarung pelindung mobil dengam kualitas material baik.(ant)

KEYWORD :

Kabin Mobil Panas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :