Sabtu, 27/04/2024 22:50 WIB

Menang, Kubu Wahidin-Andika Tegaskan Tak Ada Kecurangan

Meskipun kubu Rano-Embay menyatakan menolak hasil pleno penetapan, itu tidak mengurangi legalitas jumlah suara yang didapat.

WH-Andika

Serang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten telah menyelesaikan penghitungan suara rekapitulasi dari seluruh wilayah. Hasilnya, pasangan Wahidin-Andika Haazrumy mengungguli pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief. Atas kemenangan ini, kubu Wahidin-Andika menegaskan bahwa kemenangan ini merupakan kepercaayaan masyarakat Banten terhadap pasangan urut nomor 1 dan tidak ada kecurangan oleh pihaknya.

"Pasangan kami bermain secara fair dan terbuka. Tidak ada pihak kami menggelembungkan suara atau menggunakan data palsu terkait yang mereka tuduhkan," tegas ujar saksi pasangan Wahidin-Andika, Ramdhan Alamsyah kepada wartawan, Minggu (26/2).

Terkait dengan aksi walk out saksi pasangan Rano-Embay, menurut Ramdhan itu menjadi hak pilihan mereka. Namun, meskipun sudah menyatakan menolak hasil pleno penetapan, itu tidak mengurangi legalitas jumlah suara yang didapat. 

Seperti diketahui, hasil rekaputuasli KPU yang diplenokan hari ini, Wahidin-Andika mendapatkan total 2.411.213 suara (50,95%). Sedangkan Rano-Embay meraih 2.321.323 suara (49,05%). Selisih perolehan Suara kedua paslon sebesar 89.890 suara (1,90%).

"Ini data resmi yang menjadi pedoman. Kalau ada publik menanyakan mana data yang digunakan KPU dalam proses Pilkada, ya ini yang manual," kata Ketua KPU Banten Agus Supriyatna kepada wartawan di Hotel The Royale Krakatau, Cilegon.

KEYWORD :

Pilkada Banten Wahidin-Andika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :