Senin, 29/04/2024 19:05 WIB

WH-Andika Ditetapkan Jadi Gubernur dan Wagub Banten

Wahidin Halim mengaku akan memprioritaskan tiga program unggulan pembangunan.

WH-Andika

Serang - Pasangan calon nomor urut satu Wahidin Halim-Andika Hazrumy (WH-Andika) resmi ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terpilih periode 2017-2022 hasil Pilkada 15 Februari 2017. Pengesahan dan penetapan tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten di Aula KPU Banten, Rabu (5/4).

WH-Andika mendapat kepastian sebagai pasangan pemenang Pilkada setelah gugatan sengketa Pilkada Banten yang diajukan pasangan calon nomor urut dua Rano Karno-Embay Mulya Syarif. Gugatan Rano-Embay ditolak Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, Selasa (4/4). "Dengan ini menetapkan pasangan nomor urut satu Wahidin Halim-Andika Hazrumy sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk periode 2017 - 2022 mendatang," kata Sekretaris KPU Banten Septo Kalnadi saat membacakan surat keputusan KPU bernomor 011/kpts/kpu-prov.015/2017 tentang Penetapan Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terpilih dalam Pilkada Banten 2017.

Ketua KPU Banten Agus Supriyatna dalam sambutannya mengatakan, pihaknya akan menyerahkan salinan surat hasil Pilkada kepada DPRD Banten supaya bisa dilakukan paripurna istimewa. Selanjutnya, tinggal menunggu rekomendasi dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) agar pasangan WH - Andika bisa dilantik Presiden RI Joko Widodo.

"Setelah ini akan diserahkan ke DPRD Banten untuk diumumkan dalam rapat Paripurna, kemudian agar ditindaklanjuti kepada Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri supaya dibuatkan SK mengenai pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten,” kata Agus.

Usai ditetapkan, Gubernur terpilih, Wahidin Halim, mengaku akan memprioritaskan tiga program unggulan pembangunan seperti yang sudah beberapa kali ia sampaikan dalam visi dan misi pencalonan di Pilkada Banten 2017. Ketiga program tersebut yakni pembenahan layanan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. "Target prioritas pastinya yang sudah kami sampaikan ke publik mengenai infrastuktur, pendidikan dan kesehatan. Itu tentu akan kita mulai kerjakan pasca dilantik nanti," kata Wahidin usai menghadiri rapat pleno terbuka penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022.

Diakui Wahidin, ketiga program tersebut akan ia maksimalkan bersama pasangannya Andika Hazrumy setelah resmi ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang baru. Kendati begitu, ia tidak mau memasang target kapan program unggulan tersebut akan diselesaikan dalam periodesasinya nanti.

KEYWORD :

Pilkada Banten Wahidin-Andika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :