Rabu, 15/05/2024 21:46 WIB

Dialog Dengan Mahasiswa Kaltim, Fadel Muhammad Dengarkan Aspirasi Seputar IKN

Dialog Dengan Mahasiswa Kaltim, Fadel Muhammad Dengarkan Aspirasi Seputar IKN

Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad. (Foto: Humas MPR)

Balikpapan, Jurnas.com – Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad gelar dialog dengan para mahasiswa Kalimantan Timur yang tergabung dalam komunitas Ibu Kota Negara (IKN) Youth Forum, di De Bandar, Klandasan Ulu, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (28/8/2023). Dialog tersebut dilakukan dalam rangkaian kunjungan kerja Fadel Muhammad di beberapa wilayah di Kalimantan Timur.

Diungkapkan Fadel Muhammad usai acara, dirinya lebih banyak mendengarkan pendapat, aspirasi dan masukan dari para mahasiswa sebagai generasi muda daerah yang berasal dari berbagai wilayah di seputar Kalimantan, yang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi di kota Balikpapan seputar IKN.

“Dari apa yang saya tangkap, mereka menerima IKN untuk diwujudkan. Mereka mempersiapkan diri, ketika IKN benar-benar terwujud. Mereka sangat berharap agar IKN mampu mengangkat perekonomian rakyat setempat menjadi jauh lebih baik,” kata Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI Dapil Provinsi Gorontalo ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua IKN Youth Forum Agung Syahrir menegaskan, terlepas dari pro dan kontra IKN sudah ditetapkan sesuai UU Nomer 3 Tahun 2022 bahwa IKN berada di Kalimantan Timur.

“Harapan kami pemuda se-Kalimantan Timur sebenarnya ingin terlibat banyak. Jangan sampai kita kalah saing dengan pemuda dari luar Kalimantan seperti Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Intinya, kami pemuda Kaltim ingin terlibat atau berperan banyak dalam pembangunan IKN,” tandasnya.

Di kegiatan itu, mantan Gubernur Provinsi Gorontalo dua periode ini menyampaikan pesan penting untuk diingat dan diresapi para mahasiswa. Yakni, setiap mahasiswa pasti memiliki keinginan untuk bisa meraih kesuksesan dan mampu menjawab segala tantangan jaman di masa depan.

Namun, untuk mencapai itu semua memang tidak mudah. Ada tiga siklus keberhasilan yang harus dijalani atau ditempuh, yakni Pertama, keberhasilan bisa diraih jika memiliki kemampuan atau kapabilitas/capability.

Kedua, jika sudah memiliki kemampuan, akan ada kesempatan yang datang menghampiri atau opportunity. Ketiga, seseorang/individu itu harus pintar mengelola dirinya atau mengatur strategi untuk dirinya.

“Siklus keberhasilan itu, terutama di poin pertama hanya bisa didapatkan atau diraih di sekolah atau di kampus. Tapi, dengan catatan, dalam menempuh pendidikan harus penuh dengan keseriusan dan konsistensi,” ujarnya.

Fadel Muhammad berharap agar, para mahasiswa yang tergabung dalam komunitas IKN Youth Forum ini berhasil dalam menempuh pendidikan tingginya. Dan dengan ketinggian ilmunya itu, digunakan untuk mengabdi kepada rakyat, bangsa dan negara.

KEYWORD :

Kinerja MPR Fadel Muhammad Kalimantan Timur IKN Agung Syahrir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :