Senin, 13/05/2024 03:54 WIB

Komite Disiplin FIFA Skor Luis Rubiales Selama 90 Hari

Dia diskors usai mencium bibir penyerang Timnas Putri Spanyol, Jennifer Hermoso saat perayaan kemenangan Spanyol di Piala Dunia Wanita 2023.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin (kanan) menerima jersey sepak bola simbolis Spanyol dari presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales. (Foto berkas: AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Komite Disiplin FIFA menskors ketua Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales selama 90 hari. Dia diskors usai mencium bibir penyerang Timnas Putri Spanyol, Jennifer Hermoso saat perayaan kemenangan Spanyol di Piala Dunia Wanita 2023.

Rubiales diperkirakan akan mengumumkan pengunduran dirinya pada Jumat (25/8), namun malah mengatakan dia tidak akan mundur. Sementara RFEF mengancam akan melakukan tindakan hukum untuk membelanya setelah Hermoso mengatakan dia tidak menyetujui ciuman tersebut.

"Ketua Komite Disiplin FIFA hari ini memutuskan untuk memberhentikan sementara Tuan Luis Rubiales dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepak bola di tingkat nasional dan internasional," kata FIFA dalam sebuah pernyataan.

Komite disiplinnya juga memerintahkan Rubiales dan pejabat serta karyawan RFEF untuk tidak menghubungi atau mencoba menghubungi Hermoso atau orang-orang di sekitarnya.

Timnas Spanyol pemenang Piala Dunia serta beberapa pemain lainnya menyatakan tidak akan memainkan pertandingan internasional jika Rubiales tetap menjadi ketua federasi.

"Keputusan yang diambil oleh ketua Komite Disiplin FIFA telah dikomunikasikan hari ini kepada Tuan Luis Rubiales, RFEF dan (badan sepak bola Eropa) UEFA untuk dipatuhi," katanya.

Komite mengatakan tidak akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai proses disipliner sampai keputusan akhir diambil.

Belum ada reaksi langsung dari RFEF. Reuters telah menghubungi UEFA, di mana Rubiales menjabat sebagai wakil presiden, untuk memberikan komentar.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

RFEF Luis Rubiales Komite Disiplin FIFA Skandal Ciuman Jennifer Hermoso




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :