Minggu, 28/04/2024 07:41 WIB

Sadis, Jong-nam Tewas dengan Zat Pemusnah Massal

Laporan toksikologi Malaysia mengindentifikasi, kematian Kim Jong-nam disebabkan oleh zat pelumpuh saraf yang sangat beracun.

Kepala polisi Malaysia Khalid Abu Bakar

Malaysia - Laporan toksikologi Malaysia mengindentifikasi, kematian Kim Jong-nam disebabkan oleh zat pelumpuh saraf yang sangat beracun. Zat kimia itu sebagai `zat saraf XV` yang dikategorisasikan oleh PBB sebagai senjata pemusnah massal.

Itulah yang dikemukakan pihak kepolisian yang dilansir bbc. Pembunuhan kakak tiri Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un ini dijalani dua perempuan yang membasuhkan zat beracun ke wajahnya di ruang check in di bandara Kuala Lumpur.

Siapa yang dipastikan pembunuhnya? Malaysia hingga saat ini belum menuduh pembunuhan dilakukan oleh intelijen negara Korea Utara atau bukan. Yang pasti, dijalankan oleh orang Korea Utara yang berada di balik tewasnya anak pertama mantan Pemimpin Korut, Kim Jong-il.

Kepala polisi Malaysia Khalid Abu Bakar mengatakan, keberadaan zat saraf itu terdeteksi pada sisa atau yang menempel di bagian  mata dan wajah Kim oleh Departemen Kimia Malaysia. Sedangkan sisa zat lainnya masih dianalisis.

Untuk melakukan pembunuhan dengan trik zat beracun XV itu, hanya membutuhkan sedikit saja. Karena sudah langsung menempel di kulit dan kemudian bereaksi memengaruhi saraf. Kemudian, korban akan merasa bergetar dan tewas beberapa menit kemudian.

Perlu diketahui,  pembunuhan ini diduga melibatkan kelompok. Dua orang perempuan ditangkap, salah satunya bernama Siti Aisyah warga Indonesia kelahiran Serang, Banten.

KEYWORD :

Kim Jong-nam Khalid Abu Bakar Korea Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :