Senin, 06/05/2024 01:41 WIB

Survei: Pemahaman Konsep Materi Perbesar Peluang Lolos UTBK

Pemahaman dasar yang baik, memperbesar peluang lolos Seleksi Nasional Berbasis Tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (SNBT UTBK).

Ilustrasi seleksi perguruan tinggi (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah survei yang dilakukan oleh Zenius menemukan bahwa pemahaman dasar yang baik, memperbesar peluang lolos Seleksi Nasional Berbasis Tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (SNBT UTBK).

Dari 522 responden yang mengikuti survei tersebut, 411 atau 78,7 persen di antaranya menyatakan lolos SNBT 2023. Untuk memvalidasi respons para siswa, siswa yang lolos SNBT diminta untuk melampirkan bukti lolos SNBT dari website resmi pengumuman ujian tersebut.

"Dengan memiliki pemahaman konsep yang lebih baik, siswa akan lebih mudah untuk mengerjakan soal apa pun, dan tidak akan mudah untuk terkecoh soal," kata Founder dan CEO Zenius, Sabda PS dalam siaran persnya pada Senin (21/8).

Menariknya, rata-rata siswa yang lolos terdaftar dari kurang lebih tiga tahun yang lalu. Artinya, mereka fokus lolos ke SNBT sudah melakukan persiapan sejak kelas 10 atau kelas 11.

Selain itu, hal yang menarik dari data yang dihimpun oleh tim riset Zenius adalah siswa yang lolos SNBT tahun ini menghabiskan waktu lebih banyak untuk menonton video dan mengikuti sesi live class di platform daripada mereka yang tidak lolos.

Sebanyak 78,7 persen siswa yang lolos rata-rata menonton 414 video pembelajaran dalam tiga tahun terakhir. Jumlah tersebut lebih banyak dari pada siswa yang tidak lolos, yang hanya menonton 350 video pembelajaran.

"Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah siswa-siswa yang lolos SNBT rata-rata telah mempersiapkan diri mereka dari jauh-jauh hari, bahkan ketika mereka masuk ke kelas 10," terang Sabda.

"SNBT adalah ujian yang tidak bisa ditaklukkan dengan persiapan sebulan atau dua bulan. Siswa harus melakukan persiapan matang sejak dini jika memang serius ingin lolos SNBT," imbuh dia.

KEYWORD :

SNBT UTBK Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Perguruan Tinggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :