Senin, 20/05/2024 15:23 WIB

KPK Benarkan Dirdik Asep Guntur Minta Mundur Usai Polemik Kasus Basarnas

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan surat pengunduran diri Asep Guntur disebut akan diajukan ke pimpinan KPK.

Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu saat memberikan keterangan dalam konferensi pers di kantornya.

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan bahwa Direktur Penyidikan sekaligus Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi,  Asep Guntur Rahayu meminta mundur dari jabatannya.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan surat pengunduran diri Asep Guntur disebut akan diajukan ke pimpinan KPK.

"Betul, informasi yang kami terima bahwa yang bersangkutan akan mengajukan surat dimaksud kepada pimpinan," kata Ali dalam keterangannya, Senin (31/7).

Namun, juru bicara KPK berlatar belakang jaksa itu mengatakan, pimpinan KPK yang akan menentukan apakah permohonan Asep Guntur akan diterima atau tidak.

"Namun demikian, hal tersebut tentunya menjadi keputusan pimpinan. Apakah permohonan tersebut diterima atau ditolak," kata Ali.

Untuk diketahui, pengunduran diri Asep Guntur ini berkaitan dengan polemik operasi tangkap tangan (OTT) perkara suap di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Dari OTT itu, KPK menetapkan dua anggota TNI aktif sebagai tersangka, yakni Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dan Koordinator Administrasi (Koorsmin) Kabasarnas Letkol Adm Afri Budi Cahyanto.

Pihak TNI lantas keberatan atas penetapan tersangka terhadap Henri dan Afri. Mereka menyebut penetapan tersangka terhadap dua anggota TNI aktif hanya bisa dilakukan oleh Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI.

KPK lantas merespons dengan permintaan maaf. Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mengatakan tim penindakan telah khilah karena menetapkan Kabasarnas Henri sebagai tersangka.

Hal itu lah yang disinyalir jadi alasan Asep Guntur Rahayu mengundurkan diri. Namun, kata Ali, pimpinan KPK sebenarnya mendukung penuh langkah tim penindakan dalam perkara suap di Basarnas ini.

"Begitupun penting juga kami sampaikan bahwa pimpinan mendukung penuh langkah dan upaya yang telah dilakukan tim penyelidik dan penyidik dalam rangkaian proses penanganan dugaan tindak pidana korupsi di Basarnas ini," kata Ali.

KEYWORD :

KPK Direktur Penyidikan Asep Guntur Mengundurkan Diri Kasus Kabasarnas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :