Minggu, 05/05/2024 06:05 WIB

Pengamat Nilai Andika Perkasa Cocok Dampingi Ganjar di Pilpres

Pengamat Politik Emrus Sihombing mengatakan rekam jejak Andika Perkasa menjadi modal penting untuk dijadikan Bacawapres Ganjar Pranowo.

Andika Perkasa bersama bakal calon presiden, Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dinilai merupakan tokoh yang cocok menjadi Bakal Cawapres (Bacawapres) mendampingi Bacapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Pengamat Politik Emrus Sihombing mengatakan rekam jejak Andika Perkasa menjadi modal penting untuk dijadikan Bacawapres Ganjar Pranowo.

"Andika Perkasa dipercaya Presiden Jokowi  memegang tanggung-jawab luar biasa di berbagai jabatan strategis seperti Komandan Paspampres Jokowi, Pangkostrad, KASAD hingga memegang posisi tertinggi di tentara kita yaitu sebagai Panglima TNI," ujar Emrus dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Menurutnya, dari tanggung-jawab dan jabatan yang pernah diembannya, Andika Perkasa memiliki kompetensi yang sangat mumpuni.

Terlebih, dia menilai, dari tampak postur tubuh dan kepribadiannya, Andika Perkasa sehat jasmani dan rohani, sebagai salah satu persyaratan Bacawapres di Indonesia.

"Sosok pemimpin yang dekat dengan prajuritnya ini, ternyata ia seorang terpelajar bergelar akademik doktor dan tiga master dari perguruan tinggi bergensi di dunia. Oleh karena itu, pada namanya terpampang Jenderal (Purn) Andika Perkasa S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D.," jelas Emrus.

Emrus juga menilai pengalaman Andika Perkasa di bidang militer yang sangat luar bisa tersebut sehingga dapat melengkapi kepemimpinan Ganjar Pranowo jika kelak terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Negara Republik Indonesia periode 2024-2029.

Menurut dia, Andika Perkasa sangat paham tentang pengelolaan pertahanan dan keamanan dalam negeri serta kaitannya dengan dinamika dunia internasional.

"Karena itu saya berpendapat, ia pun memahami betul pengelolaan geopolitik dan geostrategi pertahanan dan keamanan. Merujuk pengalaman di militer dan pendidikan akademik yang diraih oleh Andika Perkasa tersebut, dia pasti memiliki kemampuan leadership dan managerial yang handal," ungkap Emrus.

Karena itu, Emrus mengusulkan agar semua koalisi partai pengusung dan pendukung Ganjar Pranowo segera `melamar` Andika Perkasa menjadi Bacawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Apalagi, kata dia, Andika Perkasa merupakan tokoh yang rendah hati bersahabat kepada semua lapisan masyarakat.

"Andika Perkasa salah satu putra terbaik negeri ini yang paling pas mendampingi Ganjar Pranowo untuk memimpin Indonesia ke depan sebagai negara kepulauan, luas, yang termasuk jumlah penduduk terbesar di dunia dan sangat multikultur," pungkas Emrus.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan Mantan Panglima TNI Jenderal Purn Andika Perkasa berpeluang menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Menurut Hasto, Andika Perkasa tidak hanya cocok menjadi ketua tim pemenangan Ganjar Pranowo, tetapi juga berpeluang menjadi Cawapres Ganjar Pranowo.

"Jadi antara sebagai timses, kemudian opsi-opsi sebagai bakal calon wakil presiden itu juga masih terbuka buat Pak Andika, ini kan pengalaman yang luas," ujar Hasto dalam konferensi pers di sela-sela acara pelatihan Jurkam Ganjar Pranowo di kawasan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2023).

Apalagi, kata Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri belum menentukan Cawapres Ganjar Pranowo. Menurut dia, terbuka kemungkinan Andika Perkasa termasuk salah satu dari 10 nama bakal Cawapres yang berada di kantong Megawati.

"Memang wajar kalau publik mempersepsikan beliau sebagai figur yang tidak hanya cocok sebagai salah satu kandidat yang namanya ada 10 dalam daftar Ibu Mega. Akan tetapi juga didalam penguatan tim pemenangan Pak Ganjar Pranowo. Itu sudah lebih dari anggota PDI Perjuangan," tandas Hasto.

Menurut Hasto, Andika adalah patriot sejati yang senafas dengan jati diri PDIP. Pasalnya, Andika Perkasa termasuk tokoh yang berjuang membumikan Pancasila sebagai ideologi menyatukan, menjaga keutuhan NKRi dan berjuang bagi kemajuan Indonesia Raya.

"Jadi Pak Andika dalam kapasitas seperti itu memang hubungannya baik. Tapi ketika publik mempresepsikan Pak Andika ini tegas, membangun organisasi, memiliki keberanian dalam menegakan disiplin bagi yang melanggar hukum dan kemudian rekam jejak yang sangat luas termasuk melakukan diplomasi pertahanan," pungkas Hasto.

KEYWORD :

Andika Perkasa Panglima TNI Bacawapres Ganjar Pranowo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :