Selasa, 14/05/2024 22:26 WIB

Adik Kim Jong Un Minta AS Tak Bertindak Bodoh

Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Kim Jong Un, mengatakan, Amerika Serikat (AS) harus menghindari

Kim Jong Un (kiri) dan adik perempuannya Kim Yo Jong (kanan) saat menghadiri pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 27 April 2018. POOL New via Reuters

JAKARTA, Jurnas.com - Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Kim Jong Un, mengatakan, Amerika Serikat (AS) harus menghindari "tindakan bodoh" yang dapat membahayakan Negeri Paman Sam.

Kim Yo Jong memberikan komentar ini setelah Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan mengatakan AS tetap khawatir bahwa Korea Utara akan melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) lainnya, setelah pekan lalu menembakkan ICBM di lepas pantai timurnya.

"AS harus menghentikan tindakan bodoh yang dapat membahayakan keamanannya dengan memprovokasi kami," kata Kim Yo Jong dalam pernyataan yang disiarkan oleh KCNA.

Dia mengkritik rencana AS untuk kapal selam rudal balistik bersenjata nuklir untuk mengunjungi Korea Selatan dan mengatakan bahwa upaya untuk meningkatkan "pencegahan yang diperluas" hanya akan mendorong Pyongyang lebih jauh dari meja perundingan.

Kim Yo Jong juga menolak seruan AS untuk pembicaraan tanpa syarat dan mengatakan bahwa Washington salah jika yakin pelucutan senjata Korea Utara mungkin dilakukan.

"AS sedang delusi jika percaya bahwa itu dapat menghentikan kemajuan kita dan mencapai perlucutan senjata yang tidak dapat diubah dengan menghentikan sementara latihan militer bersama, pengerahan aset strategis atau pelonggaran sanksi," katanya.

Dalam beberapa hari terakhir, Korea Utara menuduh pesawat mata-mata AS terbang di atas zona ekonomi eksklusifnya, mengutuk kunjungan baru-baru ini ke Korea Selatan oleh kapal selam rudal jelajah bertenaga nuklir Amerika, dan berjanji untuk mengambil langkah-langkah sebagai reaksi.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Korea Utara Amerika Serikat Kim Jong Un Kim Yo Jong




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :