Senin, 29/04/2024 04:57 WIB

Empat Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam Masih Buron

Seorang pria yang diduga meninggalkan Malaysia dimana saudara tiri pemimpin Korut Kim Jong-un meninggal dunia pada Senin lalu.

Kim Jong nam

Malaysia- Polisi Malaysia sedeng menyelidiki empat orang tersangka Korea Utara (Korut) terkait skandal pembunuhan Kim Jong-nam. Seorang pria yang diduga meninggalkan Malaysia dimana saudara tiri pemimpin Korut Kim Jong-un meninggal dunia pada Senin lalu.

Polisi mengatakan sebuah racun disemprotkan ke wajah Kim saat ia menunggu pesawat ke Macau. Dilaporkan BBC, wakil kepala polisi nasional, Noor Rashid Ismail sedang mengidentifikasi tersangka  dari Korea Utara.

"Keempat tersangka memegang paspor normal, paspor tidak diplomatik," seperti yang disampaikan dalam konferensi pers pada Minggu dini hari.

Empat pelaku lainnya sementara ditahan, wanita Indonesia, pria Malaysia, wanita dengan paspor Vietnam dan Korea Utara. Wanita asal Indonesia, Siti Aisyah mengatakan kepada polisi Malaysia tak tahu menahu, ia hanya dibayar untuk melakukan apa yang dia anggap hanya lelucon belaka.

Kim diyakini diserang di ruang keberangkatan bandara pada Senin oleh dua wanita, menggunakan bahan kimia.

Sebuah CCTV yang disiarkan di Korea Selatan dan Malaysia, menunjukkan seorang wanita yang mengenakan kemeja putih yang bertuliskan "LOL" pada bagian depan baju tersebut.

Menurut spekulasi yang beredar Korea Utara berada di balik pembunuhan tersebut, namun belum ada bukti yang cukup. Pyongyang sendiri belum memberikan komentar terkait masalah ini. Kim sebagian besar mengasingkan diri dari keluarganya. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya di luar negeri di Makau, China daratan dan Singapura. 

KEYWORD :

Malaysia Kim Jong-nam Pyongyan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :