Rabu, 15/05/2024 07:12 WIB

Rusia Kirim Puluhan Drone ke Ukraina jelang KTT NATO

Rusia Kirim Puluhan Drone ke Ukraina jelang KTT NATO

Dampak serangan drone Rusia ke Kiev, Ukraina (Foto: Reuters)

Kiev, Jurnas.com - Rusia mengirim 28 pesawat tanpa awak (drone) ke Kota Odesa dan Kota Kiev pada Selasa (11/7) dini hari, menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di Vilnius, Lithuania hari ini.

Dikutip dari Reuters, Angkatan Udara Ukraina mengatakan sistem pertahanan udaranya menembak jatuh 25 drone Shahed buatan Iran. Di atas Odesa, 22 drone jatuh dan dua lainnya menghantam gedung administrasi di pelabuhan.

Gubernur Odesa, Oleh Kiper menyebut sejumlah gedung dan terminal dekat pelabuhan yang terbakar, berhasil dipadamkan oleh petugas tanpa menyebabkan kerusakan kritis maupun cedera.

Adapun semua drone yang mengarah ke Kota Kiev, sukses dicegat oleh sistem pertahanan udara Ukraina. Namun, puing-puing pesawat tanpa awak tersebut merusak sejumlah rumah.

"Musuh menyerang Kiev dari udara untuk kedua kalinya bulan ini," kata Serhiy Popko, kepala administrasi militer Kyiv, Ruslan Kravchenko.

KTT NATO di Vilnius salah satunya akan membahas dampak invasi Rusia ke Ukraina. Pimpinan aliansi militer tersebut akan menyetujui rencana komprehensif pertama NATO sejak akhir Perang Dingin, untuk mempertahankan diri dari setiap serangan dari Moskow.

Di sisi lain, Rusia mengecam aliansi dan kekuatan utamanya, Amerika Serikat, atas dukungan mereka untuk Ukraina. Moskow memperingatkan bahwa potensi keanggotaan Kiev di NATO akan ditanggapi dengan reaksi yang jelas dan tegas.

KEYWORD :

Rusia Ukraina NATO Drone




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :